Info

Jika Punya Faktor Risiko Ini, Menghitung Kadar Kolesterol Itu Penting!

Ada beberapa faktor risiko yang membuat Anda rentan mengalami masalah kolesterol.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi kolesterol tinggi. (Shutterstock)
Ilustrasi kolesterol tinggi. (Shutterstock)

Himedik.com - Kolesterol merupakan lemak yang berguna bagi tubuh yang diproduksi secara alami oleh organ hati. Namun, apabila kadarnya terlalu tinggi, kolesterol justru akan menumpuk di pembuluh darah dan menganggu alirannya dan menyebabkan penyumbatan.

Selain mendapatkannya dari makanan, ada faktor risiko yang akan membuat seseorang rentan terkena masalah kolesterol, dilansir CNN:

1. Merokok

Merokok membuat tubuh terpapar bahan kimia berbahaya dalam asap tembakau. Ini dapat merusak pembuluh darah, memicu penumpukan plak.

Merokok juga membuat tubuh lebih sulit untuk berolahraga. Padahal, olahraga secara alami dapat menurunkan kadar kolesterol.

2. Obesitas

Obesitas dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol. Ini juga berkontribusi pada masalah kesehatan lainnya, termasuk tekanan darah tinggi dan diabetes.

Secara bersamaan, kondisi ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Kadar Kolesterol. (Shutterstock)
Kadar Kolesterol. (Shutterstock)

3. Usia

Usia memang kondisi biologis. Tetapi penting untuk diketahui bahwa kadar kolesterol cenderung meningkat seiring bertambahnya usia.

Terutama pada pria berusia 45 tahun ke atas dan wanita berusia 55 tahun ke atas.

Menerapkan kebiasaan gaya hidup sehat, seperti olahraga teratur, dapat membantu mengendalikan kolesterol.

4. Riwayat penyakit jantung di keluarga

Seseorang memiliki risiko lebih besar untuk terkena penyakit jantung apabila dalam keluarganya memiliki riyawat penyakit tersebut.

Karena kolesterol tinggi adalah penyumbang utama penyakit jantung, sangat penting bagi untuk fokus pada kesehatan kolesterol baik.

5. Diabetes

Orang dengan diabetes lebih rentan terhadap kolesterol tinggi. Penderita diabetes perlu melakukan langkah-langkah untuk menurunkan kolesterol LDL (buruk) mereka.

Berita Terkait

Berita Terkini