Info

Cegah Berbagai Penyakit Kronis, Simak 6 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan

Mulai dari kanker hingga hingga jantung, simak berbagai manfaat jambu untuk kesehatan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Manfaat mengonsumsi jambu biji  (Pixabay/einszweifrei)
Manfaat mengonsumsi jambu biji (Pixabay/einszweifrei)

Himedik.com - Dengan berbagai manfaatnya,  jambu biji masuk dalam kategori buah super karena berbagai kandungan gizinya. 

Jambu biji disebut memiliki berbagai manfaat kesehatan, mulai dari tingkatkan imun tubuh hingga menangkal kanker. Melansir dari Healthshots, berikut 6 manfaat jambu biji untuk kesehatan, antara lain:

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Jambu biji dipenuhi dengan kandungan vitamin C yang sangat penting untuk menjaga kekebalan tubuh dari infeksi dan patogen umum. Faktanya, jambu biji mengandung vitamin C hampir dua kali lebih banyak daripada jeruk.

Studi yang dipublikasikan dalam Journal of Biological Regulators and Homeostatic Agents menemukan bahwa jambu biji memiliki manfaat antimikroba yang dapat membunuh bakteri jahat dan virus dalam tubuh.

Cegah Berbagai Penyakit Kronis, Simak 6 Manfaat Jambu Biji untuk Kesehatan - 1
Jambu biji. (shutterstock)

2. Anti-Kanker

Jambu biji kaya akan likopen, antioksidan kuat yang efektif menetralkan dan menurunkan sel kanker dalam tubuh. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrition and Cancer menunjukkan bahwa ekstrak jambu biji dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

3. Mencegah Diabetes

Jambu biji memiliki indeks glikemik rendah yang mencegah kenaikan kadar gula darah. Selain itu, kandungan serat yang tinggi juga bisa mengontrol kadar gula darah.

4. Menjaga Kesehatan Jantung

Kandungan natrium dan kalium yang tinggi dalam jambu biji mampu mengatur tekanan darah. Selain itu, buah ini juga mengandung kolesterol baik yang membantu pencegahan penyakit jantung.

Ilustrasi jambu biji. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi jambu biji. (Sumber: Shutterstock)

5. Mengurangi Stres

Kandungan magnesium dalam buah jambu ternyata mampu membantu meredakan stres ringan dengan cara menenangkan dan mengendurkan otot Anda.

6. Membantu selama Kehamilan

Asam folat dan vitamin B9 yang ada dalam jambu biji membantu perkembangan sistem saraf bayi dan mencegah gangguan neurologis.

Berita Terkait

Berita Terkini