Info

Jangan Pencet Jerawat di Area Hidung dan Mulut, Dampaknya Bisa Fatal

Jerawat di hidung yang dipencet bisa berakibat fatal pada kesehatan karena terhubung dengan otak.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi jerawat. (skinconcept.com.mx)
Ilustrasi jerawat. (skinconcept.com.mx)

Himedik.com - Memencet jerawat di area hidung dan mulut benar-benar tidak disarankan karena termasuk bagian dari segitiga wajah. Area segitiga di wajah sendiri terhubung langsung dengan otak. 

Melansir dari Health, area segitiga wajah adalah area yang menghubungkan hidung pada sudut bibir. Jadi area ini adalah dari ujung hidung di antara mata, membentuk segitiga pada kedua sudut bibir.

Untuk lebih jelas melihat area segitiga di wajah Anda, maka cobalah menghubungkan ujung ibu jari Anda, lalu ujung jari telunjuk untuk membuat bentuk segitiga. Kemudian segitiga jari ditempatkan pada wajah di mana sudut segitiga berada di pangkal hidung dan alas segitiga berada pada satu sudut mulut.

"Area wajah yang menghubungkan hidung ke sudut mulut dianggap sebagai area wajah yang sangat berbahaya karena hubungan mereka yang dekat dengan otak," kta Joshua Zeichner, MD, seorang dokter kulit di Mount Sinai di New York kepada Health.

Dengan posisinya yang dekat dengan otak, maka Anda tidak boleh menganggap enteng memencet jerawat di area tersebut.

"Sinus kavernosus adalah nama dari vena besar yang mengalirkan darah ke otak, menciptakan koneksi dari luar ke dalam," kata Dr. Zeichner. Dengan kata lain, infeksi pada jerawat di hidung memiliki jalur yang jelas ke otak.

"Oleh karena itu infeksi apapun di area itu berisiko sedikit lebih tinggi,” kata Alok Vij, MD, seorang dokter kulit di Klinik Cleveland pada Health.

"Jika timbul jerawat dan infeksi berkembang, skenario terburuknya adalah infeksi menyebar dari kulit melalui sinus ini dan berpotensi menginfeksi otak, bahkan menyebar melalui aliran darah ke seluruh tubuh," ungkap Dr. Zeichner.

Oleh karena itu menurut Dokter Vij, memencet atau menggaruk jerawat di area tersebut tidaklah bijaksana, begitupun dengan mencabut bulu hidung pakai cara yang tidak aman.

"Salah satu tindakan ini dapat memungkinkan bakteri memasuki area wajah yang berisiko tersebut. Alasan lain untuk menjauhkan tangan Anda dari daerah tersebut adalah karena kemungkinan besar terdapat bekas luka," kata Dr. Vij.

Berita Terkait

Berita Terkini