Info

WFH Bisa Memicu Migrain, Simak 3 Penyebab dan Cara Mengatasinya

Beberapa kebiasaan saat WFH nyatanya bisa memicu masalah sakit kepala sebelah atau migrain.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Migrain. (iStock)
Migrain. (iStock)

Himedik.com - Bekerja di rumah atau Work From Home (WFH) akibat virus corona Covid-19 nyatanya menimbulkan berbagai keluhan kesehatan. Salah satu keluhan yang paling sering terjadi adalah sakit kepala hingga migrain

Jika Anda sering kali mengalami migrain selama WFH, berikut beberapa faktor yang nyatanya bisa memicu migrain, antara lain:

1. Malihat Layar Gawai Lebih Lama

Melansir dari Healthshots, dalam situasi pandemi kebanyakan orang menghabiskan 60 persen waktunya di depan laptop, telepon, dan perangkat digital lainnya. Peningkatan waktu layar inilah yang membuat ketegangan pada mata.

Mata yang lelah karena terlalu lama dihabiskan untuk melihat komputer dan layar lainnya nyatanya juga bisa berefek pada sakit kepala hingga migrain.

2. Postur Tubuh yang Buruk

Kebanyakan orang tidak memiliki tempat kerja atau tempat duduk yang ideal di dalam rumah. Hal ini menyebabkan postur tubuh yang buruk di mana dapat meningkatkan risiko sakit kepala terkait migrain atau tegang.

WFH dengan gaun mewah (instagram.com/sayyestothewfhdress)
WFH (instagram.com/sayyestothewfhdress)

3. Perubahan Pola Tidur dan Makan

Bekerja dari rumah telah mengganggu rutinitas normal Anda. Bagi banyak orang, perubahan pola makan, olahraga, dan tidur telah memicu masalah migrain. Perubahan jadwal makan dan peningkatan asupan kafein juga bisa menjadi cikal bakal sakit kepala.

Apabila Anda sering kali merasa sakit kepala selama bekerja di rumah, maka Healthshots memberikan berbagai tips untuk menguranginya, antara lain:

  • Coba kurangi memakai gawai dan gunakan pelindung layar
  • Istirahatkan mata Anda dengan mengalihkan pandangan secara berkala dari layar dan akukan latihan mata dasar secara teratur. Ini akan membantu mencegah serta memulihkan ketegangan mata
  • Istirahatlah dari perangkat dan nikmati aktivitas lain seperti memasak atau berjalan-jalan sejenak
  • Dorong posisi tubuh yang lebih baik dan pertahankan tulang belakang pada posisi netral
  • Pastikan Anda menempatkan laptop atau keyboard sejajar dengan mata dan gunakan pencahayaan optimal sesuai silau layar komputer
  • Beristirahat secara teratur untuk peregangan
  • Tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari
  • Tetap terhidrasi
  • Berolahraga secara teratur untuk membantu Anda tetap bugar dan mengurangi tingkat stres. Olahraga juga membantu meningkatkan kualitas tidur dan suasana hari.

Berita Terkait

Berita Terkini