Info

Bagi Perokok, Konsumsi 5 Asupan Ini Percepat Pembuangan Nikotin di Tubuh

Sebab nikotin yang bertahan dalam tubuh bisa membahayakan kesehatan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Wortel. (iStock)
Wortel. (iStock)

Himedik.com - Nikotin yang mengendap di tubuh bisa meningkatkan risiko berbagai penyakit. Untungnya, beberapa asupan sehat nyatanya bisa meningkatkan kecepatan tubuh dalam membuang nikotin.

Konsumsi makanan sehat yang tinggi antioksidan dapat mengaktifkan fungsi hati dan membantu nikotin melewati tubuh dengan lebih cepat. 

"Hal ini karena makanan tersebut bisa meningkatkan metabolisme," kata Sharita E. Warfield, MD dokter pengobatan darurat bersertifikat pada Insider. Metabolisme yang lebih cepat akan membuat Anda mengeluarkan nikotin yang lebih cepat pula.

Melansir dari Insider, berikut beberapa makanan sehat yang bisa membantu melepaskan nikotin dalam tubuh lebih cepat, antara lain:

1. Jeruk

Jeruk menjadi salah satu buah yang bisa melepaskan nikotin dalam tubuh dengan lebih cepat. Melansir dari Healthy Panda, nikotin membuat tubuh stres dan mengurangi kadar vitamin C. Mengkonsumsi jeruk bisa mengisi kembali kadar vitamin C dalam tubuh dan  mengurangi stres serta kecemasan yang disebabkan oleh nikotin.

2. Wortel

Perokok akan membuat tubuh mereka kekurangan vitamin A dan C. Hal ini yang kemudian akan merusak sel saraf, serta sirkulasi dan fungsi otak. Asupan wortel secara teratur dapat mengisi kembali kadar vitamin A, C, dan K sehingga memperkuat pertahanan alami tubuh dan metabolisme.

3. Kale

Kale merupakan sumber alami isothiocyanate dan antioksidan yang dapat membersihkan tubuh dari nikotin.

4. Air Putih

Minum lebih banyak air dapat membantu tubuh membersihkan nikotin. Dengan banyak minum air maka Anda akan mengalami peningkatan buang air kecil sehingga dapat membantu mengeluarkan nikotin.

Air Putih [pixabay]
Air Putih [pixabay]

5. Brokoli

Melansir dari Medlife, brokoli kaya akan vitamin C dan B5 yang membantu melindungi paru-paru dari nikotin. Sementara kehadiran vitamin B5 membantu menurunkan stres yang merupakan pemicu utama keinginan untuk merok.

Meski begitu, dokter Warfield mengatakan berhenti merokok baik rokok biasa atau rokok elektrik adalah cara terbaik untuk membersihkan nikotin dari sistem tubuh Anda. 

Berita Terkait

Berita Terkini