Info

Turunkan Risiko Kanker Payudara, Coba Konsumsi 4 Makanan Sehat Ini

Berbagai makanan sehat bisa menurunkan risiko kanker payudara, apa saja?

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Delima. (pixabay/stevepb)
Delima. (pixabay/stevepb)

Himedik.com - Kanker payudara nyatanya bisa diturunkan risikonya melalui berbagai kebiasaan hidup, termasuk pola makan sehat.

Bahkan sebuah studi yang diterbitkan dalam American Society of Clinical Oncology 2015 Education Book menunjukkan kebiasaan makan dan olahraga dapat mencegah 25 hingga 30 persen kasus kanker payudara.

Oleh karena itu, makan sehat tentu sangat berpengaruh pada penurunan risiko kanker payudara. Melansir dari Healthshots, berikut adalah makanan sehat yang bisa menurunkan risiko kanker payudara, antara lain:

1. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin, bahan kimia kuning cerah yang diklaim dapat membantu melawan tumor kanker payudara. Senyawa ini juga memiliki sifat anti-peradangan yang baik untuk tubuh secara umum.

2. Brokoli

Sering disebut makanan super, brokoli juga disebut mampu menghalangi pertumbuhan tumor. Brokoli sendiri kaya akan vitamin dan mineral seperti folat dan vitamin K.

Selain itu, brokoli juga mengandung fitonutrien yang dipercaya dapat menurunkan peradangan dan mengurangi risiko terkena kanker.

Ilustrasi sayuran brokoli. [Shutterstock]
Ilustrasi sayuran brokoli. [Shutterstock]

3. Apel

Apel merupakan sumber antioksidan, serat, dan senyawa lain yang dikenal dapat melindungi tubuh dari kanker payudara. Namun Anda perlu memakan dengan kulitnya, karena sebagian kandungan nutrisi apel terdapat pada kulit.

Selain itu apel juga sangat mengenyangkan sehingga bisa menekan nafsu makan dan membantu turunkan berat badan. 

4. Delima

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Oxidative Medicine and Cellular Longevity pada 2015 menunjukkan bahwa buah delima mengandung senyawa yang dapat membantu mencegah pertumbuhan kanker.

Selain kanker payudara, buah delima juga dikenal melindungi jantung dan melawan kanker prostat.

Berita Terkait

Berita Terkini