Info

Studi: Konsumsi Kopi Setiap Hari Bisa Turunkan Risiko Kanker Hati

Karena berbagai kandungan baiknya, konsumsi kopi secara rutin disebut bisa turunkan risiko kanker hati.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi kopi
Ilustrasi kopi

Himedik.com - Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa kopi bisa membantu menurunkan risiko kanker hati. Kanker hati sendiri menjadi jenis kanker paling umum keenam di dunia. Bahkan pada tahun 2012, tercatat 800.000 orang dikonfirmasi mengalami kanker hati.

Melansir dari Times of India, sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang minum kopi baik yang berkafein maupun tanpa kafein lebih kecil risikonya terkena kanker hepatoseluler, salah satu jenis kanker hati yang paling umum. Studi tersebut telah diterbitkan pada jurnal BMJ Open.

Pada studi tersebut para peneliti memeriksa data dari 26 studi yang melibatkan lebih dari dua juta peserta. Para peneliti menyimpulkan bahwa asupan kopi secara teratur dapat mengurangi sirosis dan kanker hati, namun tetap tergantung pada dosisnya.

Dengan begitu penelitian ini menunjukkan bahwa semakin banyak Anda minum kopi maka semakin baik untuk mengurangi risiko kanker hati. Satu cangkir kopi setiap hari dikaitkan dengan penurunan 20 persen risiko, 2 cangkir sehari dikaitkan dengan penurunan 35 persen, sementara 5 cangkir kopi sehari dapat menurunkan sekitar 50 persen.

Ilustrasi kopi. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi kopi. (Sumber: Shutterstock)

Kopi sendiri dikenal memiliki sifat antioksidan, anti-inflamasi dan anticarcinogenic. Semua faktor ini diyakini berperan penting dalam menurunkan risiko penyakit hati dan kanker hati pada pecinta kopi.

Banyak penelitian menunjukkan bahwa kopi secara keseluruhan memiliki beberapa manfaat kesehatan. Namun sebelum memutuskan untuk meminum banyak kopi secara tiba-tiba, Anda perlu mempertimbangkan dosisnya terlebih dahulu. Untuk lebih aman, Anda disarankan untuk tidak minum kopi lebih dari 2 cangkir setiap hari.

Berita Terkait

Berita Terkini