Info

Waspada Timbul Luka, Begini Cara Merawat Bibir Pecah-Pecah di Rumah!

Jika lip balm tidak efektif, lakukan cara rumahan ini untuk bibir pecah-pecah.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Bibir kering. (pixabay)
Bibir kering. (pixabay)

Himedik.com - Tidak seperti kulit, bibir tidak memiliki kelenjar minyak dan tidak dapat menghasilkan minyak alami untuk mencegahnya menjadi kering. Sehingga tidak heran jika bibir kering mudah pecah-pecah.

Artinya, tanpa perawatan yang tepat, bibir Anda mungkin akan sering mengering. Jika menggunakan lip balm tidak begitu efektif, Anda dapat mencoba perawatan rumahan di bawah ini, dilansir Insider:

1. Petroleum jelly

Petroleum jelly adalah bahan utama dalam banyak pelembap bibir karena membantu memberikan lapisan pelindung pada kulit untuk mengunci kelembapan.

Tapi petroleum jelly bersifat oklusif, artinya hanya akan melindungi bibir dari kehilangan kelembapan, daripada memberikan kelembapan itu sendiri.

Ada baiknya menggunakan lip balm terlebih dahulu sebelum petroleum jelly.

Kebiasaan kecil yang bikin bibirmu jadi lebih gelap. (Shutterstock)
Ilustrasi bibir lembap (Shutterstock)

2. Lidah buaya

Aloe vera adalah tanaman sukulen yang menghasilkan gel pelembab. Tanaman ini bekerja dengan menarik kelembapan dari udara ke permukaan kulit, yang dapat menjaga bibir tetap terhidrasi dan mencegahnya mengering.

Lidah buaya juga mengandung molekul polisakarida, yang membantu mengikat kelembapan pada kulit. Ini sangat membantu bibir pecah-pecah karena polisakarida mendorong kulit untuk menghasilkan sel-sel baru.

3. Madu

Madu adalah obat yang bagus untuk bibir pecah-pecah karena merupakan humektan, artinya dapat menarik kelembapan dari udara ke bibir.

Madu juga dikenal dengan khasiat penyembuhannya dan dapat membantu meredakan luka serta retakan pada bibir pecah-pecah.

"Madu bekerja sebagai exfoliator ringan dan dapat membantu menghilangkan kulit mati yang kering dari bibir," kata Konstantin Vasyukevich, MD, ahli bedah plastik yang berafiliasi dengan Beth Israel Medical Center.

4. Minyak kelapa

Minyak kelapa adalah emolien, yang artinya bagus untuk mengunci kelembapan di bibir dan mencegahnya mengering.

Minyak kelapa juga memiliki sifat anti-inflamasi, sehingga dapat membantu meringankan rasa sakit akibat bibir pecah. Sifat antibakteri minyak kelapa juga membantu menjaga bibir bebas kuman, mencegahnya terkena infeksi dari luka terbuka.

Berita Terkait

Berita Terkini