Info

Liburan Bisa Tingkatkan Kasus Virus Corona, CDC Ungkap 5 Faktornya!

CDC mengungkapkan faktor-faktor yang bisa meningkatkan kasus virus corona Covid-19 di Inggris.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi liburan bersama keluarga (Pixabay/sunawang)
Ilustrasi liburan bersama keluarga (Pixabay/sunawang)

Himedik.com - Kasus virus corona Covid-19 yang berhasil terkonfirmasi di Indonesia masih terus bertambah. Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun tak ingin jumlah ini semakin meningkat selama libur panjang Oktober 2020.

Momen libur panjang memang berisiko membentuk klaster baru kasus virus corona Covid-19. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) telah menawarkan perlindungan diri terhadap individu, keluarga, teman, dan suatu komunitas dari virus corona selama liburan.

Salah satunya, merayakan momen liburan bersama secara virtual dengan keluarga jauh maupun kerabat dekat yang tinggal berjauhan. Karena, pertemuan tatap muka meningkatkan risiko penularan virus corona.

Apalagi bepergian selama liburan juga bisa meningkatkan kemungkinan tertular dan menyebarkan virus corona Covid-19. Oleh karenanya, tinggal di rumah adalah cara terbaik untuk melindungi diri sendiri dan orang lain.

Jika Anda terpaksa harus bepergian selama momen liburan, CDC telah menyarankan beberapa prosedur untuk melindungi diri dari virus corona Covid-19, yaitu:

  • Kenakan masker agar hidung dan mulut tetap tertutup saat berada di tempat umum.
  • Hindari kontak dekat dengan menjaga jarak setidaknya 6 kaki (sekitar 2 lengan) dari siapa pun yang tidak tinggal satu atap.
  • Sering-seringlah mencuci tangan dengan sabun dan air setidaknya selama 20 detik atau gunakan pembersih tangan dengan kandungan alkohol 60 persen.
  • Hindari kontak dengan siapa pun yang sedang sakit.
  • Hindari menyentuh mata, hidung dan mulut.

 

Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Shvet)
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Shvet)

Jika Anda mengisi momen libur panjang dengan menggelar sebuah acara bersama kerabat dekat, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yakni:

1. Jarak sosial dan batasi kontak dekat

Pastikan Anda menjaga jarak 6 kaki atau lebih dari orang lain yang tidak tinggal bersama. Berhati-hatilah di area yang sulit menjaga jarak, seperti toilet.

Lebih baik hindari penggunaan toilet umum ketika masih penuh orang dan hindari makanan di restoran yang ramai. Selain itu, minimalkan pula bersentuhan atau berjabat tangan dengan orang lain.

2. Kenakan masker

Pakai masker setiap kali berada di sekitar orang yang tidak tinggal satu atap bisa mengurangi risiko penyebaran virus corona.

Anda juga harus menghindari acara yang membuat orang bernyanyi dan berteriak, terutama saat tidak memakai masker dan tidak menjaga jarak.

Berita Terkait

Berita Terkini