Info

Studi Lancet: Salah Satu Vaksin Potensial China Kembali Dinyatakan Aman

Kabar baik dari China, salah satu vaksin potensial untuk virus corona Covid-19 mereka disebut aman.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi vaksin Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Salah satu dari 11 vaksin potensial dari China dinyatakan aman bahkan memicu respons kekebalan dalam kombinasi tes tahap awal dan menengah pada manusia.

Melansir dari Independent, kandidat vaksin Covid-19 yang dikenal dengan BBIBP-Corv sedang dikembangkan oleh Institut Produk Biologi Beijing, bekerja sama dengan Grup Farmasi Nasional China yang dikelola negara. Laporan mereka yang diterbitkan di The Lancet menunjukkan bahwa vaksin secara keseluruhan disebut aman dan dapat ditoleransi dengan baik oleh manusia.

Uji coba BBIBP-Corv pada manusia dimulai pada awal Juni setelah vaksin menunjukkan hasil yang kuat pada monyet dan memicu antibodi tanpa menimbulkan komplikasi.

Dalam dua tahap pertama uji coba, vaksin tidak menimbulkan efek samping yang parah. Menurut studi tersebut kebanyakan relawan hanya mengalami efek samping ringan hingga sedangseperti demam dan nyeri di bagian yang disuntik vaksin.

Hasil tersebut berasal dari uji tahap I dan tahap II vaksin yang dilakukan antara 29 April hingga 30 Juli. Pengujian dilakukan pada 600 peserta sehat berusia 18 hingga 80 tahun.

Dalam penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat antibodi pada peserta yang berusia di atas 60 tahun ke atas lebih rendah dan terkadang membutuhkan waktu hingga 42 hari untuk meningkat secara signifikan. Peserta yang lebih muda membutuhkan waktu rata-rata 28 hari untuk menghasilkan respons antibodi.

BBIBP-CorV sendiri merupakan salah satu dari setidaknya 10 proyek vaksin virus corona secara global yang telah memasuki uji coba Fase III, empat di antaranya dipimpin oleh para ilmuwan China.

Berita Terkait

Berita Terkini