Info

Liburan Aman selama Pandemi Virus Corona, Terapkan 5 Cara Ini!

Banyak orang sudah pergi liburan di tengah pandemi virus corona Covid-19, karena itu perlu memahami cara melindungi diri.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi liburan aman dan sehat. (pixabay/rawpixel)
Ilustrasi liburan aman dan sehat. (pixabay/rawpixel)

Himedik.com - Pandemi virus corona Covid-19 belum selesai, tapi banyak orang yang sudah berpergian untuk mengujungi keluarga atau liburan.

Karena itu, cukup banyak kasus virus corona bertambah akibat terbentuknya klaster baru selama musim liburan. Artinya, liburan cukup berdampak besar pada peningkatan kasus virus corona Covid-19.

Namun melansir dari Times of India, Jumat (23/10), para ahli telah menawarkan beberapa tindakan pencegahan praktis yang efektif untuk melindungi diri dari virus corona Covid-19 selama berpergian atau liburan.

Ilustrasi bahagia
Ilustrasi bahagia

1. Buatlah daftar kebutuhan penting

Pastikan Anda membawa semua kebutuhan penting di dalam tas, seperti stok masker, sarung tangan sekali pakai, pembersih tangan, cairan pencuci tangan atau sabun, tisu disinfektan, tisu kering dan produk kebersihan pribadi lainnya.

Karena, semua kebutuhan penting itu sangat diperlukan, untuk melindungi diri dan keluarga selama liburan saat pandemi virus corona Covid-19.

2. Selalu jaga jarak, memakai masker dan memperhatikan durasi berpergian

Pastikan Anda selalu memakai masker, tak sembarangan menyentuh benda-benda di tempat umum dan menjaga jarak ketika tamasya. Meskipun tempat liburan yang Anda kunjungi ramai orang.

Anda bisa memilih tempat yang tidak ramai orang berkerumun, dan jangan pernah melepas masker untuk menutupi bagian hidung dan mulut.

3. Pastikan transportasi yang digunakan tidak berisiko menyebarkan virus corona

Beberapa orang harus naik transportasi umum ketika pergi liburan, seperti kereta, pesawat atau bus. Jadi, pastikan Anda membawa semprotan disinfektan dan tisu kering untuk membersihkan kursi dan sandarannya

Meskipun Anda menggunakan mobil pribadi, Anda juga tetap harus menerapkan langkah kebersihan yang benar. Pastikan sirkulasi udara di dalam mobil baik.

4. Pastikan lokasi liburan aman

Anda harus selalu memastikan lokasi liburan atau tempat yang dituju untuk kepentingan lain itu aman serta menerapkan protokol kesehatan yang tepat. Selain itu, Anda juga harus memeriksa tempat yang dituju terlalu ramai kerumunan atau tidak serta pilih hari liburan yang tepat.

5. Jaga kebersihan

Terlepas dari 4 langkah di atas, landasan utama untuk mencegah infeksi virus corona Covid-19 dalam ukuran besar atau kecil adalah selalu menjaga etiket kebersihan dasar.

Anda harus selalu memakai masker, mencuci tangan, menghindari menyentuh wajah, hidung dan mulut. Berhati-hatilah kontak fisik dengan orang lain di sekitar.

 

Berita Terkait

Berita Terkini