Info

Studi: Ceria dan Antusias Perlambat Penurunan Daya Ingat akibat Usia

Sebuah studi menunjukkan bahwa sifat orang yang ceria dan penuh dengan antusias cenderung mengalami penurunan daya ingat yang lebih lambat.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi lansia bahagia. (pixabay/StockSnap)
Ilustrasi lansia bahagia. (pixabay/StockSnap)

Himedik.com - Orang dengan kepribadian yang ceria dan antusias atau yang sering kali disebut 'Positive Affect' bisa menurunkan atau memperlambat masalah daya ingat di hari tua. Hal ini dinyatakan dalam sebuah studi yang terbit pada Psychological Science.

Melansir dari Medical Xpress, tim peneliti menganalisis data dari 991 orang dewasa paruh baya dan lebih tua di Amerika Serikat tiga periode waktu yakni antara 1995 hingga 1996, 2004 hingga 2006, serta  periode 2013 hingga 2014.

"Temuan kami menunjukkan bahwa ingatan memang akan terus menurun seiring bertambahnya usia," kata Claudia Haase, seorang profesor di Universitas Northwestern dan penulis senior di penelitian tersebut.

"Namun, individu dengan tingkat 'Positive Affect' yang lebih tinggi mengalami penurunan memori yang tidak begitu tajam selama hampir satu dekade," tambah Emily Hittner, Ph.D. lulusan Universitas Northwestern dan penulis utama makalah.

Ilustrasi Lansia (Shutterstock)
Ilustrasi Lansia (Shutterstock)

Dalam setiap periode penilaian, peserta melaporkan berbagai emosi positif yang mereka alami selama 30 hari terakhir. Tes daya ingat ini terdiri dari mengingat kata-kata segera setelah presentasi dan 15 menit kemudian.

Para juga peneliti memeriksa hubungan antara pengaruh positif dan penurunan memori, memperhitungkan usia, jenis kelamin, pendidikan, depresi, pengaruh negatif, dan ekstraversi.

Para peneliti menegaskan bahwa penelitian masa depan mungkin perlu membahas jalur yang dapat menghubungkan 'Positive Affect' yang secara langsung berefek pada daya ingat. 

Berita Terkait

Berita Terkini