Info

5 Manfaat Kesehatan Bratawali, Tanaman yang Bisa Tingkatkan Kekebalan Tubuh

Giloy atau tanaman bratawali telah lama digunakan dalam pengobatan rumahan karena memiliki banyak manfaat kesehatan.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Giloy, tanaman bratawali (PPixabay/Tanuj_handa)
Giloy, tanaman bratawali (PPixabay/Tanuj_handa)

Himedik.com - Kekebalan tubuh yang kuat sangat diperlukan selama pandemi virus corona Covid-19. India pun telah menggunakan tanaman giloy sebagai penguat kekebalan tubuh selama pandemi. Giloy atau tanaman bratawali sudah lama digunakan sebagai ramuan pengobatan alami.

Khasiat obat dalam tanaman bratawali ini telah terbukti melimpah. Melansir dari India Times, Sabtu (30/10/2020), berikut manfaat tanaman bratawali yang biasa digunakan sebagai ramuan obat alami.

1. Meningkatkan kekebalan

Tanaman bratawali dianggap sebagai ramuan yang paling efektif dan serbaguna untuk banyak masalah kesehatan. Tanaman ini membantu dalam memperkuat kekebalan daya tahan tubuh dan memiliki senyawa alkoloid serta lakton yang aktif secara biologis.

Karena, ramuan ini bisa menyeimbangkan kadar gula darah dan mendetoksifikasi tubuh. Beginilah cara tanaman bratawali membantu tubuh meningkatkan energi dan kekebalan daya tahan tubuh.

Giloy, tanaman bratawali (Pixabay/SandeepHanda)
Giloy, tanaman bratawali (Pixabay/SandeepHanda)

2. Mengurangi stres

Stres salah satu kondisi yang bisa memicu sejumlah masalah kesehatan. Dalam hal ini, tanaman bratawali bisa membantu membuang racun dan menenangkan pikiran. Ramuan dari bratawali bisa mengurangi tingkat stres dan menjaga kesehatan.

3. Arthritis

Bratawali mengandung sifat anti-rematik yang membantu mengobati radang sendi dan memiliki beberapa manfaat lainnya. Gejala utama yang terlihat pada penderita arthritis adalah rasa kaku dan semakin parah seiring bertambahnya usia.

Dalam hal ini, bratawali bisa membantu mengatasi masalah arthritis. Anda bisa mengonsumsi bratawali sebagai jamu atau ramuan lainnya.

4. Diabetes

Bratawali juga bisa membantu mengatur tingkat produksi insulin dalam tubuh. Karena, ramuan ini bisa membakar glukosa berlebih dan menurunkan kadar gula darah.

Diabetes adalah suatu kondisi yang menurunkan kadar insulin tubuh dan biasanya terjadi pada orang paruh baya. Bratawali memiliki khasiat obat yang bisa membuat insulin dalam tubuh untuk meredakan nyeri.

5. Masalah pernapasan

Bratawali bisa membantu mengurangi masalah pernapasan seperti pilek dan batuk karena manfaat anti peradangannya. Khasiat obat dalam tanaman bratawali bisa membantu mengurangi masalah pernapasan.

Ayuverda telah terbukti bermanfaat sebagai pengobatan alami tanpa efek samping. Karena itu, jamu bratawali salah satu ramuan yang sangat bermanfaat untuk masalah pernapasan.

Berita Terkait

Berita Terkini