Info

Gairan Seksual Pasangan Menurun? Cobalah Beri Kacang Ini setiap Hari!

Jenis kacang tertentu bisa membantu meningkatkan gairah seksual seseorang, karena mengandung mineral zinc atau seng.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi masalah hubungan seksual. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)
Ilustrasi masalah hubungan seksual. (Arkadia Digital Media/Ema Rohimah)

Himedik.com - Menurunnya gairah seksual atau dorongan seks adalah masalah yang tak boleh diabaikan. Masalah seksual ini bisa diatasi dengan konsumsi makanan tertentu untuk meningkatkan libido.

Makanan yang membantu meningkatkan libido ini dikenal sebagai afrodisiak. Kacang tertentu yang mengandung banyak mineral zinc dianggap bisa membantu meningkatkan libido.

Mineral zinc bisa membantu mengatur kadar testosteron atau hormon seks pria. Misalnya kacang pinus, yang mengandung seng tingkat tinggi dan bisa meningkatkan libido.

Harvard Medical School menegaskan bahwa testosteron bertanggung jawab atas dorongan seks seseorang, baik pada perempuan maupun pria.

"Tapi seiring bertambahnya usia pria, kadar testosteron turun bertahap, sekitar satu hingga dua persen setiap tahunnya," kata Harvard Medical School, dikutip dari Express.

Ilustrasi berhubungan seks (Unsplash/Becca Tapert)
Ilustrasi berhubungan seks (Unsplash/Becca Tapert)

Gejala defisiensi testosteron pada pria dewasa termasuk tingkat libido yang rendah dan impotensi atau ketidakmampuan mencapai ereksi.

Bagi wanita, kadar testosteron yang rendah bisa menyebabkan penurunan libido, konsentrasi buruk atau depresi.

"Kacang pinus mengandung sekitar 6,5 gram seng per 3 ons. Anda bisa menambahkan kacang pinus di atas salad, memanggangnya atau mengonsumsinya biasa dalam shearu-hari," kata ahli diet, Maggie Michalczyk.

Departemen Penyakit Dalam di Sekolah Kedokteran Universitas Wayne State, Michigan, juga telah mempelajari hubungan antara seng dan kadar testosteron pada pria.

Penelitian terhadap 40 pria sehat usia 20 hingga 80 tahun berlangsung dengan mengukur kadar testosteronnya sebelum dan sesudah mendapatkan asupan mineral zinc yang diinduksi.

Selama percobaan 5 bulan, para peneliti membatasi asupan seng dalam makanan mereka. Hasilnya, peneliti menemukan bahwa diet zinc pada pria mudah dan sehat berkaitan dengan penurunan kadar testosteron setelah 20 minggu.

Selain itu, 9 pria lanjut usia yang rata-rata berusia 54 tahun mengalami kekurangan zinc pada awal percobaan. Pria dalam kategori ini sempat diberi suplemen seng 458 umol/d setiap hari selama 6 bulan.

Suplementasi seng atau zinc itu menghasilkan peningkatan kadar testosteron hampir 2 kali lipat di antara pria lanjut usia. Beberapa pria mengalami peningkatan testosteron dari 8,3 menjadi 16 dalam 6 bulan suplementasi.

Dengan demikian, para penelii menyimpulkan bahwa seng mungkin memainkan peran penting dalam memodulasi kadar testosteron. Makanan lain yang mengandung seng tinggi termasuk kepiting dan lobster.

Selain konsumsi makanan tinggi seng, menjaga kebugaran fisik dengan olahraga, tetap terhidrasi dan mengelola stres bisa membantu meningkatkan libido.

Berita Terkait

Berita Terkini