Info

Termasuk Pizza dan Jus Buah, Hindari 5 Makanan Paling Tak Sehat Ini

Pola makan bisa menunjang kesehatan secara keseluruhan, apa saja yang pelu dihindari?

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi jus buah. (Pixabay/balt)
Ilustrasi jus buah. (Pixabay/balt)

Himedik.com - Menghindari makanan tak sehat bisa meningkatkan kualitas hidup secara keseluruhan. Sebab, mengonsumsi makanan tak sehat terkait dengan berbagai masalah kesehatan seperti masalah jantung hingga obesitas.

Melansir dari Healthline, berikut adalah beberapa asupan paling tak menyehatkan yang perlu Anda hindari, antara lain:

1. Minuman Manis

Minuman yang dimaniskan seperi cola atau sirup bisa merugikan kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan. Dalam hal ini minuman manis menjadi kalori cair yang apabila dikonsumsi akan meningkatkan total asupan kalori secara drastis.

Ketika minuman manis dikonsumsi dalam jumlah besar, maka gula dalam minuman tersebut dapat mendorong resistensi insulin yang terkait dengan penyakit hati, diabetes tipe 2, serta penyakit jantung.

2. Pizza

Kebanyakan pizza komersial dibuat dengan bahan-bahan yang tidak sehat, termasuk adonan yang sangat halus dan daging dengan pemrosesan panjang. Pizza juga cenderung sangat tinggi kalori.

3. Jus Buah Kemasan

Jus buah memang mengandung beberapa antioksidan dan vitamin C, namun jus dalam kemasan juga mengandung gula cair dalam jumlah tinggi.

Faktanya, jus buah menyimpan gula sebanyak minuman manis seperti Cola atau Pepsi.

4. Sereal Sarapan Manis

Sereal sarapan pagi memang dibuat dari olahan biji-bijian, seperti gandum, oat, hingga jagung. Namun untuk membuatnya lebih enak, biji-bijian dipanggang, diparut, diolah, digiling, dipipihkan dan umumnya tinggi gula tambahan.

Kelemahan utama dari kebanyakan sereal sarapan adalah kandungan gula tambahannya yang tinggi.

5. Kentang Goreng dan Keripik Kentang

Kentang utuh pada dasarnya sangat sehat, namun tidak untuk kentang goreng dan keripik kentang.

Baik kentang goreng maupun keripik kentang dikenal sangat tinggi kalori. Beberapa penelitian mengaitkan kentang goreng dan keripik kentang dengan efek penambahan berat badan.

Berita Terkait

Berita Terkini