Info

Studi: Hampir 20 Persen Pasien Covid-19 Hanya Alami Gejala Pencernaan

Sekitar 1 dari 5 pasien virus corona Covid-19 hanya mengalami gejala saluran pencernaan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)
Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)

Himedik.com - Sebuah studi menunjukkan bahwa banyak pasien Covid-19 yang hanya mengalami masalah saluran pencernaan. Setidaknya sekitar 1 dari 5 pasien virus corona Covid-19 hanya mengalami gejala gastrointestinal atau saluran pencernaan. Hal ini dinyatakan oleh temuan baru yang diterbitkan pada jurnal Abdominal Radiology.

Melansir dari Medical Xpress, masyarakat perlu waspada dengan masalah saluran pencernaan selama pandemi. Dalam hal ini gejala gastrointestinal yang terkait Covid-19 melingkupi kehilangan nafsu makan, mual, muntah, diare, dan nyeri perut.

Para peneliti yang melakukan tinjauan melaporkan bahwa 18 persen pasien menunjukkan gejala saluran pencernaan beserta gejala lainnya. Sementara 16 persen pasien Covid-19 hanya mengalami gejala pada saluran pencernaan saja.

"Ada semakin banyak literatur yang menunjukkan bahwa gejala di perut menjadi cukup umum untuk pasien virus corona Covid-19," kata Mitch Wilson, seorang ahli radiologi dan dosen klinis di Fakultas Kedokteran & Kedokteran Gigi Universitas Alberta.

Para peneliti yang juga termasuk Gavin Low, profesor radiologi dan pencitraan diagnostik,dan mahasiswa kedokteran Kevin Lui, memeriksa temuan dari 36 penelitian yang diterbitkan hingga 15 Juli.

Melalui ulasan tersebut para peneliti juga menunjukkan bahwa melakukan pencitraan perut juga mungkin akan memperlihatkan tanda infeksi Covid-19. Tanda-tanda yang bisa dilihat melalui pencitraan perut adalah radang usus besar dan kecil, pemeriksaan udara di dalam dinding usus (pneumatosis) dan perforasi usus (pneumoperitoneum).

Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@cottonbro)
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@cottonbro)

"Melihat hal-hal ini (masalah di saluran pencernaan) belum tentu memberi tahu kita bahwa seorang pasien mengidap Covid-19," kata Wilson.

"Tapi salah satu penyebab potensial berbagai masalah pencernaan memang disebabkan infeksi virus. Pada lingkungan yang terjadi banyak kasus Covid-19 masalah saluran pencernaan adalah sesuatu yang perlu dipertimbangkan," imbuhnya. 

Berita Terkait

Berita Terkini