Info

Bikin Halusinasi, Studi JAMA sebut Magic Mushroom Bisa Redakan Depresi

Sebuah studi dari JAMA menunjukkan bahwa kandungan dalam magic mushroom mungkin bisa membantu redakan depresi.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi depresi - (Pixabay/geralt)
Ilustrasi depresi - (Pixabay/geralt)

Himedik.com - Magic Mushroom atau jamur ajaib yang muncul di kotoran sapu lebih familiar karena efeknya yang bikin halusinasi dan teler. Meski memabukkan pada orang sehat, nyatanya studi baru menunjukkan bahwa jamur ini mungkin bisa meringankan depresi.

Melansir dari Fox News, peneliti dari Johns Hopkins Medicine menemukan bahwa sekitar setengah pasien dalam penelitian merasakan kelegaan setelah mengonsumsi psilocybin psikedelik. Senyawa kandungan aktif psilocybin sendiri umum ditemukan pada magic mushroom.

Temuan tersebut telah diterbitkan pada Rabu di jurnal JAMA Psychiatry.

“Besarnya efek yang kami lihat adalah sekitar empat kali lebih besar daripada yang telah ditunjukkan uji klinis untuk antidepresan tradisional di pasaran,” kata Dr. Alan Davis, asisten profesor dan rekan penulis studi di Fakultas Kedokteran Universitas Johns Hopkins.

Ada 24 peserta dalam penelitian ini di mana semuanya memiliki riwayat depresi jangka panjang dan diberi dua dosis psilocybin selama periode waktu yang berbeda. Selama pemantauan, mengenakan penutup mata dan mendengarkan musik melalui headphone sambil berbaring di sofa selama sekitar lima jam.

Seminggu setelah pemenatauan kedua, sekitar dua pertiga peserta mengalami penurunan gejala depresi lebih dari 50 persen. Setelah empat minggu, 54 persen peserta tidak lagi memiliki ciri-ciri depresi.

Ilustrasi Depresi (Pixabay)
Ilustrasi Depresi (Pixabay)

"Karena sebagian besar pengobatan depresi lain membutuhkan waktu berminggu-minggu atau berbulan-bulan untuk bekerja, ini bisa menjadi temuan yang bermanfaat," kata Davis.

Meski bermanfaat, para peneliti menegaskan pemberian suplementasi psilocybin harus dengan dosis yang tepat.

Studi sebelumnya juga menemukan bukti bahwa magic mushroom mungkin sangat bermanfaat bagi kesehatan mental. Studi tentang magic mushroom bertepatan legalisasi halusinogen magic mushrom untuk terapi di  Oregon.

Berita Terkait

Berita Terkini