Info

Pemilik Anjing 72 Persen Berisiko Tertular Virus Corona, Ini Kata Ilmuwan!

Ilmuwan Spanyol mengatakan orang yang memiliki anjing berisiko tertular virus corona Covid-19 sebanyak 72 persen.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Anjing. (Pixabay/PublicDomainPictures)
Anjing. (Pixabay/PublicDomainPictures)

Himedik.com - Kelompok yang paling berisiko terinfeksi virus corona Covid-19 tidak hanya lansia dan orang dengan penyakit bawaan, tapi juga orang yang memiliki anjing peliharaan.

Para ilmuwan telah memperingatkan bahwa sekedar mengajak anjing berjalan-jalan keluar bisa meningkatkan risiko penularan virus corona Covid-19 secara signifikan.

Menurut ilmuwan Spanyol, membawa anjing berjalan-jalan bisa meningkatkan risiko terinfeksi virus corona Covid-19 hingga 72 persen. Karena itu, orang yang memiliki anjing harus berhati-hati ketika berpergian.

Tapi, para ilmuwan mengatakan orang yang memiliki peliharaan kucin atau jenis hewan lain nampaknya tidak memiliki risiko yang sama.

Saat ini pun mereka belum bisa memastikan tingginya risiko pemilik anjing terinfeksi virus corona ini hanya ketika berada di luar atau virus ditularkan melalui anjing.

Ilustrasi anjing. (Pixabay)
Ilustrasi anjing. (Pixabay)

"Penemuan perkiraan prevalensi penyakit yang secara signifikan lebih tinggi ada pada kelompok populasi yang biasanya berjalan-jalan dengan anjingnya selama masa penguncian, risiko penularan virus corona mereka meningkat hingga 72 persen," ujar para ilmuwan dikutip dari Express.

Hasil investigasi juga memperingatkan penularan virus corona yang lebih tinggi terjadi di antara pemilik anjing dan prevalensi yang lebih tinggi masih butuh penyelidikan.

"Tapi, orang yang memiliki kucing atau hewan lain tidak memiliki risiko yang sama tingginya dengan pemilik anjing. Hasil ini menunjukkan hidup dengan anjing sebagai faktor risiko kuat terinfeksi virus corona Covid-19," ujarnya.

Sampak sekarang, hanya empat anjing yang sudah dinyatakan positif tertinfeksi virus corona Covid-19. Tapi, anjing-anjing ini melakukan kontak langsung dengan manusia yang positif terinfeksi virus corona.

Jika Anda memiliki anjing dan ingin mengajaknya jalan-jalan, Anda harus mengikuti pedoman jarak sosial dan protokol kesehatan yang telah disarankan.

Anda harus menjaga jarak setidaknya 2 meter dari semua orang ketika keluar rumah. Selain itu, Anda tetap harus memakai masker selama di luar rumah.

Bila Anda mengembangkan salah satu dari 3 tanda peringatan utama virus corona Covid-19, Anda harus segera menjalani tes Covid-19.

Adapun gejala umum virus corona termasuk demam tinggi, batuk persisten atau perubahan indra penciuman dan perasa.

Saat mengelamai gejala atau sudah dinyatakan positif terinfeksi virus corona Covid-19, Anda harus mengisolasi diri di ruangan khusus dan jaga jarak dengan orang di dalam rumah.

 

Berita Terkait

Berita Terkini