Info

Jangan Salah Kaprah, Ini Bedanya Gejala Virus Corona Covid-19 & Norovirus!

Virus corona Covid-19 dan norovirus adalah dua jenis penyakit yang sama-sama menular, tapi sangat berbeda.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)
Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)

Himedik.com - Saat musim dingin sekarang ini, semua orang tak hanya menghadapi ancaman virus corona Covid-19, tetapi juga norovirus. Kedua penyakit ini sangat berbeda, meskipun gejalanya hampir mirip.

Norovirus adalah jenis infeksi lain yang lebih menyeramkan dari virus corona Covid-19. Karena, norovirus juga termasuk penyakit menular yang sama seperti virus corona Covid-19.

Bedanya, norovirus dan virus corona Covid-19 memiliki ciri tersendiri. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat dilansir dari Express, berikut ini gejala umum infeksi norovirus.

  1. Diare
  2. Muntah
  3. Mual
  4. Sakit perut
  5. Demam
  6. Sakit kepala
  7. Pegal-pegal

 

Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

Sedangkan, CDC mengatakan virus corona Covid-19 tidak memiliki gejala sakit perut seperti norovirus, melainkan berikut ini.

  1. Diare
  2. Muntah
  3. Mual
  4. Demam
  5. Sakit kepala
  6. Nyeri otot atau tubuh

Adapula tanda-tanda lain yang menandakan infeksi virus corona Covid-19 termasuk panas dingin, batuk, sesak napas atau kesulitan bernapas, kelelahan, kehilangan rasa atau bau, sakit tenggorokan dan hidung tersumbat.

Salah satu cara untuk membedakan antara infeksi virus corona Covid-19 atau norovirus adalah muncul gejala utama Covid-19.

Covid-19 adalah nama penyakit yang disebabkan oleh virus corona atau SARS-CoV-2. NHS mengatakan tiga gejala utama virus corona Covid-19 adalah demam tinggi, batuk persisten, dan hilangnya indra penciuman serta perasa.

"Kebanyakan orang yang terinfeksi virus corona Covid-19 memiliki setidaknya satu gejala utama tersebut," ujar NHS.

Sementara itu, norovirus menyebabkan radang lambung atau usus, yang dikenal sebagai gastroenteritis akut. CDC mengatakan gejala ini biasanya berkembang 12 hingga 48 jam setelah terinfeksi norovirus.

Kondisi ini juga bisa menyebabkan muntah dan diare yang bisa terjadi sepanjang hari. Akibatnya, seseorang bisa dehidrasi hingga merasa pusing saat berdiri, mulut atau tenggorokan kering dan frekuensi buang air kecil menurun.

Kebanyakan orang dengan norovirus akan sembuh dalam satu hingga tiga hari setelah timbulnya gejala.

 

Berita Terkait

Berita Terkini