Info

Redakan Flu secara Cepat di Rumah, Dokter Sarankan 3 Langkah Ini!

Ada beberapa cara untuk meredakan flu secara cepat di rumah berdasarkan saran dokter.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi flu. (Pixabay/Mojpe)
Ilustrasi flu. (Pixabay/Mojpe)

Himedik.com - Di era pandemi virus corona Covid-19 sekarang, flu atau pilek salah satu masalah kesehatan yang dikhawatirkan. Padahal flu seringkali bisa diobati tanpa kunjungan ke dokter.

NHS merekomendasikan untuk beristirahat dan tidur, menjaga kesehatan, minum banyak air untuk menghindari dehidrasi dan berkumur air garam untuk meredakan sakit tenggorokan.

Tapi untuk menghilangkan gejala pilek dengan cepat, Dr Jarvis memberikan 3 cara tamabahan yang dilansir dari Express.

Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)
Ilustrasi flu, pilek. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

1. Semprotan mulut

Semprotan mulut bisa bertindak sebagai pelindung terhadap berbagai penyakit, termasuk flu. Karena, flu masuk ke sistem tubuh melalui selaput lendir yang berada di mulut dan hidung.

Semprotan tenggorokan seperti Coldzyme bekerja dengan membentuk penghalang pelindung pada selaput lendir tenggorokan. Sehingga virus flu lebih sulit untuk menyebabkan penyakit.

"Penelitian telah menunjukkan bahwa semprotan itu bisa meringankan gejala pilek hingga setengahnya," ujar Dr Jarvis.

2. Echinacea

Ada bukti bahwa echinacea (sejenis tanaman berbunga yang banyak tumbuh di Eropa dan Amerika) bisa mengurangi gejala masuk angin pada orang dewasa jika dikonsumsi lebih awal. Dr Jarvis juga mengatakan enchinacea bisa membantu meredakan pilek.

3. Vitamin C

Jika Anda kurang asupan vitamin C dalam makanan, Dr Jarvis mengatakan suplemen vitamin C dosis tinggi bisa mengurangi keparahan masuk angin dan pilek.

Umumnya, Anda membutuhkan vitamin C setidaknya 4 gram sehari. Adapun makanan yang mengandung vitamin C termasuk paprika, brokoli, kubis brussel, dan kentang.

Berita Terkait

Berita Terkini