Info

Sama-Sama Bergizi, Mana yang Lebih Menyehatkan antara Apel Merah dan Hijau?

Apel merah dan hijau memiliki sedikit perbedaan konten nutrisi, mana yang lebih menyehatkan?

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Apel. (pixabay)
Apel. (pixabay)

Himedik.com - Apel mamang dikenal sebagai makanan super atau buah sehat dengan berbagai kandungan nutrisi dan antioksidan. Apel juga rendah kalori dan tinggi serat sehat sehingga baik untuk program diet. Apel sendiri terdapat dua macam, apel merah dan hijau, lalu manakah yang lebih menyehatkan?

Melansir dari Times of India, apel hijau rasanya asam dan memiliki kulit tebal, sehingga terasa lebih renyah. Sementara apel merah, lebih terasa manis, berair, dan memiliki kulit tipis. Karena rasa manisnya, orang lebih menyukai apel merah daripada apel hijau.

Kedua jenis apel tersebut dikemas dengan vitamin dan mineral yang menyehatkan. Mereka kaya akan antioksidan, pektin, quercetin, dan flavonoid. Apel, baik merah maupun hijau dapat melindungi sel dari kerusakan oksidatif, mengurangi risiko penyakit jantung dan hati kronis.

Apel rendah serat dan kalori, sehingga baik untuk menurunkan berat badan.

Ada perbedaan kecil dalam kandungan nutrisi antara kedua jenis apel tersebut. Apel hijau adalah sumber vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin E dan vitamin K yang lebih baik dibandingkan dengan apel merah.

Selain itu, apel hijau mengandung lebih banyak zat besi, kalium dan protein daripada apel merah. Jika Anda ingin mencoba mengurangi asupan gula Anda secara keseluruhan, lebih baik beralih ke apel hijau.

Menurut beberapa penelitian, apel hijau juga lebih baik untuk orang yang mencoba mengurangi berat badan. Sementara Apel merah, mengandung lebih banyak antioksidan dan lebih enak.

Apabila melihat nilai gizinya maka apel hijau lebih sehat daripada apel merah. Tetapi jika Anda ingin meningkatkan asupan antioksidan maka apel merah bisa menjadi pilihan yang tepat.

Meskipun begitu, jelas pilihan yang paling ideal adalah mengonsumsi keduanya. 

Berita Terkait

Berita Terkini