Info

Jangan Sampai Salah, Ini Bedanya Gejala Virus Corona Covid-19 dan Flu Perut

Virus corona Covid-19 dan flu perut adalah dua masalah kesehatan yang gejalanya hampir mirip.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)
Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)

Himedik.com - Virus corona Covid-19 menyebabkan banyak gejala yang bisa berbeda-beda pada setiap pasiennya. Terkadang, gejala virus corona pun bisa mengarah pada masalah kesehatan lainnya.

Artinya, orang yang terinfeksi virus corona Covid-19 bisa menunjukkan gejala seperti demam, batuk kering dan sakit kepala yang mana juga berkaitan dengan alergi dan flu.

Tapi, kemiripan gejala virus corona dan flu tidak hanya itu. Virus corona Covid-19 telah dikaitkan dengan masalah pencernaan, seperti mual, muntah dan diare yang juga termasuk gejala flu perut atau gastroenteritis.

Karena itu dilansir dari Health, penting untuk memahami bahwa gastroenteritis bukanlah suatu jenis flu. Meskipun kondisi ini sering disebut sebagai flu perut.

Menurut MedlinePlus, sumber dari Perpustakaan Kedokteran Nasional AS, gastroenteritis terjadi ketika lapisan usus Anda meradang. Kondisi ini bisa jadi akibat vrus, parasit atau bakteri.

Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)

Gastroenteritis adalah penyakit yang menyebar melalui makanan atau air yang terkontaminasi maupun kotak yang terinfeksi.

Berikut ini dilansir dari Health, gejala gastroenteritis yang meliputi diare, muntah, sakit perut, demam, sakit kepala dan panas dingin.

Untungnya, kebanyakan orang sembuh dari gastroenteritis tanpa pengobatan medis apapun. Dehidrasi adalah efek samping yang umumnya disebabkan oleh gastroenteritis.

Karena, masalah kesehatan ini seringkali menyebabkan pasien kehilangan banyak cairan melalui diare dan muntah. Anda mungkin harus minum lebih banyak cairan daripada biasanya untuk menghindari dehidrasi.

Di sisi lain, virus corona Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh SARS-CoV-2. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), orang yang tertular virus corona akan mengalami penyakit pernapasan ringan sampai sedang.

Tapi, orang di atas usia 65 tahun atau memiliki riwayat penyakit kronis lebih mungkin mengembangkan penyakit serius akibat virus corona Covid-19.

Virus corona ini bisa menyebar melalui tetesan pernapasan orang yang terinfeksi ketika batuk dan bersin.

Adapun gejala virus corona Covid-19, termasuk batuk, menggigil atau demam, kesulitan bernapas, nyeri otot, kelelahan, kehilangan penciuman dan perasa, sakit kepala, hidung meler, sakit tenggorokan, muntah, mual dan diare.

Namun, Cory Fisher dari Klinik Cleveland mengatakan salah satu cara membedakan gejala virus corona dan gastroenteritis adalah hilangnya indra penciuman dan perasa yang hanya dialami pasien Covid-19.

Berita Terkait

Berita Terkini