Info

Vitamin dan Mineral Bisa Bantu Cegah Virus Corona, Ini Daftarnya

Ahli medis telah menyarankan semua orang untuk mengonsumsi vitamin dan mineral karena dipercaya bisa mencegah virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi suplemen vitamin. (pixabay)
Ilustrasi suplemen vitamin. (pixabay)

Himedik.com - Para ilmuwan dan peneliti telah berusaha mengembangkan pengobatan yang paling aman dan efektif sejak awal pandemi virus corona Covid-19.

Berbagai penelitian di masa lalu pun telah mengklaim bahwa nutrisi dan vitamin bisa membantu menangkal infeksi virus corona Covid-19.

Tapi, anggapan bahwa vitamin dan mineral mencegah virus corona masih dalam pengamatan dan belum bisa dipastikan efektivitasnya.

Mulanya, para ahli medis mendesak semua orang untuk meningkatkan asupan suplementasi mikronutrien. Karena, semua orang perlu memperhatikan sistem kekebalan tubuhnya di tengah pandemi.

Sementara itu dilansir dari Times of India, para ahli tetap menyarankan jaga jarak sosial, memakai masker dan membersihkan permukaan dengan disinfektan sebagai langkah pencegahan utama.

Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)

Dokter pun terus mendorong pasien virus corona Covid-19 menjaga sistem kekebalan tubuh lebih kuat dengan nutrisi dan vitamin yang kuat, seperti vitamin C dan seng.

1. Vitamin C

Vitamin C adalah antioksidan kuat yang membantu mengurangi peradangan dalam tubuh. Vitamin ini telah berhasil mencegah infeksi virus dan bakteri tertentu di masa lalu.

Tapi, belum banyak yang bisa ditentukantentang kaitannya dengan virus corona Covid-19. Menurut penelitian dalam jurnal Nutrition, vitamin C bisa membantu mencegah virus corona Covid-19 dan mengurangi reaksi peradangan parah.

2. Vitamin D

Vitamin D juga membantu meningkatkan kekebalan. Menurut uji klinis 2019, suplemen vitamin D diklaim bisa mengurangi keparahan infeksi saluran pernapasan akut pada pasien di rumah sakit.

Selain itu, penelitian lain menemukan hubungan antara tingkat vitamin D dalam tubuh yang rendah dan persentase kasus virus corona Covid-19 yang lebih tinggi.

3. Seng

Seng adalah mineral penting yang membantu tubuh melawan infeksi bakteri dan virus berbahaya. Tubuh membutuhkan seng untuk mengembangkan dan mengaktifkan limfosit-T, yang merupakan bagian dari sistem kekebalan.

Meskipun Anda disarankan untuk mengonsumsi vitamin dan mineral dalam jumlah cukup guna meningkatkan kekebalan dan menjaga kesehatan tubuh.

Namun, Anda lebih baik tidak hanya bergantung pada vitamin dan mineral dalam menjaga diri dari virus corona Covid-19. Ikuti protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah dan sesuai saran ahli.

Berita Terkait

Berita Terkini