Info

Suntik Vaksin Flu dan Virus Corona Bersamaan, Bolehkah?

Para ahli menyarankan semua orang tidak suntik vaksin flu dan virus corona Covid-19 bersamaan dalam satu waktu.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi vaksin, laboratorium, peneliti. (Pixabay)
Ilustrasi vaksin, laboratorium, peneliti. (Pixabay)

Himedik.com - Di tengah pandemi virus corona Covid-19 yang bertepatan dengan musim dingin, semua orang tidak hanya membutuhkan vaksin virus corona tetapi juga vaksin flu.

Tapi, Dr June Raine, kepala eksekutif Badan Pengatur Obat dan Produk Kesehatan (MHRA) mengatakan seseorang tidak bisa mendapatkan suntikan vaksin flu dan vaksin virus corona pada waktu bersamaan.

"Anda lebih baik mendapatkan suntikan vaksin flu sebelum vaksin virus corona Covid-19. Jangan mendapatkan kedua suntikan vaksin tersebut secara bersamaan," kata Dr June Raine dikutip dari Express.

Seseorang yang memenuhi syarat untuk mendapatkan suntikan vaksin flu disarankan tidak menundanya agar segera mendapatkan suntikan vaksin virus corona Covid-19.

British Heart Foundation menjelaskan bahwa vaksin Pfizer/BioNTech direkomendasikan bisa diberikan ke seseorang setidaknya 2 minggu setelah mendapatkan suntikan vaksin flu.

Ilustrasi vaksin (pixabay.com)
Ilustrasi vaksin (pixabay.com)

"Lebih baik lindungi diri dengan vaksin flu lebih dulu meskipun belum menderita masalah kesehatan tersebut. Jangan menunggu vaksin virus corona Covid-19," jelas British Heart Foundation.

Dr Olivia Szepietowski dari Medic Testing telah menyarankan semua orang harus menunggu setidaknya 2 minggu setelah vaksin flu untuk mendapatkan vaksin virus corona Covid-19.

"Saran medis sekarang ini adalah Anda harus menunggu setidaknya 2 minggu antara mendapatkan vaksin virus corona dan suntikan flu. Tak disarankan untuk mendapatkan kedua vaksin secara bersamaan," jelasnya.

Karena itu, baiknya Anda melakukan suntik vaksin flu lebih dulu sembari menunggu suntikan vaksin virus corona Covid-19.

Leyla Hannbeck, CEO Association of Independent Multiple Pharmacies turut menegaskan vaksin virus corona Covid-19 akan diberikan berdasarkan sistem prioritas. Mereka yang terdaftar dalam prioritas akan mendapatkan suntikan vaksin lebih dulu.

 

Berita Terkait

Berita Terkini