Info

Bukan Hanya Jorok, Tak Ganti Celana Dalam Tiap Hari Bisa Picu 4 Masalah Ini

Tak sedikit orang yang tidak mengganti celana dalamnya setiap hari, begini konsekuensi kesehatannya.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi celana dalam (Freepik)
Ilustrasi celana dalam (Freepik)

Himedik.com - Sebuah survei baru-baru ini terhadap 2.000 orang Amerika menemukan bahwa hampir 45 persen dari peserta penelitian tersebut mengenakan celana dalam yang sama selama dua hari atau bahkan lebih lama. Padahal selain jorok, tak mengganti celana dalam setiap hari juga bisa berdampak pada kesehatan. 

Melansir dari Healthshots, tak mengganti celana dalam setiap hari merupakan kebiasaan yang tak sehat. Berikut adalah konsekuensi kesehatan yang muncul akibat Anda tak mengganti celana dalam setiap hari, antara lain:

1. Kemaluan Berbau Busuk

Kotoran dan penumpukan kelembapan pada pakaian dalam sepanjang hari bisa menjadi tempat jamur dan bakteri berkembang biak aakibat urin dan kotoran. Penumpukan kotoran ini dapat menyebabkan bau busuk yang tertinggal pada area kemaluan.

2. Jerawat di Kelamin

Keringat, kelembapan, dan kotoran yang menumpuk pada alat kelamin bisa menimbulkan benjolan merah mirip jerawat yang menyakitkan. Seperti halnya wajah, area genital juga harus tetap segar dan bersih jika Anda ingin menghindari jerawat.

3. Tempat Berkembangbiaknya Jamur

Infeksi jamur pada kemaluan adalah salah satu masalah paling umum yang diakibatkan oleh masalah kebersihan. Jenis infeksi ini umumnya menyebar karena memakai pakaian dalam kotor yang sama selama beberapa hari.

Ilustrasi celana dalam. (Shutterstock)
Ilustrasi celana dalam. (Shutterstock)

4. Ruam

Pastikan Anda mengganti celana dalam setiap hari untuk menghindari masalah ruam pada kulit di sekitar kelamin. Tidak menggantinya setiap hari dapat membuat kulit Anda iritasi, meradang dan sensitif karena kelembapan ekstra yang menyebabkan ruam.

“Jika Anda pergi ke gym dan banyak berkeringat, maka Anda harus mengganti celana dalam itu,” Dr. Deepa Dewan, direktur asosiasi & kepala unitMax Hospital, Gurgaon merekomendasikan.

Lebih lanjut, dia menyarankan untuk mengganti pakaian dalam lebih sering selama menstruasi karena akan lebih kotor.

Berita Terkait

Berita Terkini