Info

Mantan Pasien Covid-19 Tetap Harus Mendapat Vaksin, Ini Alasannya!

Anda harus mempertimbangkan untuk tetap mendapatkan vaksin Covid-19, bahkan setelah dinyatakan sembuh.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi vaksin Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Beberapa negara sudah memberi vaksin Covid-19 kepada warganya, seperti Inggris, Amerika, dan Rusia.  Vaksin pun diharapkan mampu menambah perlindungan untuk membendung gelombang penularan virus corona Covid-19.

Sebagai gambaran, vaksin adalah bahan biologi yang dimasukkan dalam tubuh untuk mencegah infeksi atau penyakit tertentu. Ia akan mengajari tubuh melawan penyakit dengan membentuk tentara. Hingga sampai penyakit datang lagi, tubuh sudah punya pasukan pelindung agar virus tak dapat masuk.

Secara teori, orang yang sudah terinfeksi Covid-19 akan timbul antibodi. Namun demikian, bukan menjadi pembenaran untuk merasa tidak perlu lagi mendapat vaksin Covid-19.

Dirangkum dari The Health Site, berikut beberapa alasan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk tetap mendapatkan vaksin Covid-19, bahkan setelah sembuh dari virus mematikan tersebut.

1. Sistem kekebalan alami bisa menurun

Ketika tubuh mengembangkan Covid-19, sistem kekebalannya belajar mengenali virus dan mulai memproduksi antibodi untuk melawannya. Namun menurut berbagai laporan saat ini, antibodi yang terbentuk tidak bertahan lebih dari beberapa minggu. Jadi risiko akan infeksi ulang tetap ada.

Ilustrasi vaksin Covid-19. [Pearson0612/Pixabay]
Ilustrasi vaksin Covid-19. [Pearson0612/Pixabay]

2. Kapan mantan pasien Covid-19 perlu mendapat vaksin

Menurut laporan, disarankan agar orang dengan riwayat Covid-19 yang diketahui dapat menunggu hingga hampir 90 hari setelah infeksi sebelumnya untuk mendapatkan vaksinasi jika mereka lebih suka melakukannya.

3. Siapa saja yang sebaiknya tidak mendapat vaksin Covid-19

Vaksin Covid-19 membawa beberapa risiko efek samping. Selain itu, jika Anda memiliki riwayat reaksi alergi yang parah terhadap salah satu bahan yang terkandung dalam vaksin, Anda sebaiknya tidak mempertimbangkan untuk mengambil vaksin untuk sementara waktu.

Pada tahap ini, bicarakan dengan dokter dan diskusikan gejalanya dan konsultasikan dengan dokter untuk langkah lebih lanjut untuk melawan virus.

Perlu digarisbawahi, Anda juga perlu terus memakai masker dan menjaga jarak fisik di ruang publik selama beberapa bulan, bahkan setelah mendapatkan vaksin Covid-19.

Anda tetap perlu melindungi diri agar tidak bersentuhan dengan seseorang yang membawa virus. Mencuci tangan dan mendisinfeksi permukaan dapat membantu mengurangi risiko tertular virus Covid-19 dan virus lainnya.

Berita Terkait

Berita Terkini