Info

Hewan Juga Bisa Kena Covid-19, Mana yang Paling Rentan?

Selain manusia, beberapa hewan juga bisa terinfeksi virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Kucing dan anjing. (Pixabay/huoadg5888)
Kucing dan anjing. (Pixabay/huoadg5888)

Himedik.com - Virus corona Covid-19 telah menginfeksi beberapa hewan, seperti kucing, musang, anjing, macan, singa, dan lain sebagainya. Dalam hal ini studi baru menganalisis beberapa hewan yang paling memungkinkan tertular Covid-19.

Melansir dari Medicinenet, carpelai, musang, kucing, anjing adalah hewan yang paling rentan terhadap infeksi Covid-19. Sementara bebek, tikus, babi, dan ayam kurang atau tidak rentan terhadap infeksi SARS-CoV-2, virus corona penyebab Covid-19.

"Mengetahui hewan mana yang rentan terhadap SARS-CoV-2 membantu mencegah penumpukan hewan positif Covid-19," kata penulis senior studi tersebut, Luis Serrano direktur Center for Genomic Regulation di Barcelona, Spanyol.

Meskipun ada potensi kerentanan infeksi pada kucing, mereka tidak hidup berdampingan dengan manusia dalam kondisi yang sama dengan hewan lain.

"Ini yang mungkin menjelaskan mengapa sejauh ini tidak ada kasus orang yang terinfeksi oleh hewan peliharaan mereka," Serrano mengatakan dalam rilis berita pusat.

Studi ini dipublikasikan secara online baru-baru ini di jurnal PLOS Computational Biology.

Untuk studi mereka, para peneliti menggunakan pemodelan komputer untuk menilai bagaimana virus corona baru menggunakan protein lonjakan di permukaannya untuk menyerang sel-sel hewan yang berbeda.

Ilustrasi anjing labrador. (Pixabay)
Ilustrasi anjing labrador. (Pixabay)

Titik masuk utama pada permukaan sel adalah reseptor ACE2 yang berikatan dengan protein lonjakan. Seperti halnya manusia, hewan juga memiliki berbagai varian ACE2.

Varian reseptor ACE2 pada manusia, diikuti musang, carpelai, kucing, dan, anjing sehingga tak heran mereka juga rentan tertular virus corona. 

Mempelajari lebih lanjut tentang kerentanan spesies yang berbeda terhadap infeksi SARS-CoV-2 dapat membantu memandu langkah-langkah kesehatan masyarakat, seperti mengurangi kontak manusia dengan hewan yang rentan.

Berita Terkait

Berita Terkini