Info

Studi: Vaksin Oxford Mungkin Aman untuk Ibu Hamil dan Orang Alergi

Sebuah studi menunjukkan bahwa vaksin Covid-19 dari Oxford mungkin cenderung aman untuk ibu hamil dan orang dengan alergi.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi vaksin Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Perempuan hamil dan orang dengan alergi mulanya dikhawatirkan tidak bisa mendapatkan vaksin Covid-19. Namun vaksin Covid-19 Oxford/Astrazeneca mungkin jadi solusi bagi orang hamil dan alergi.

Melansir dari Independent, sebelumnya Badan Pengatur Produk Obat dan Kesehatan (MHRA) mengatakan bahwa orang dengan berbagai alergi terhadap makanan dan obat-obatan sebaiknya tidak diberi vaksin Pfizer.

Namun Dr. June Raine, kepala eksekutif MHRA mengatakan bahwa setidaknya 800.000 orang di Inggris dan sekitar 1,5 juta orang di AS yang telah mendapatkan vaksin Pfizer tidak menimbulkan kekhawatiran berlebih. Hal tersebut juga berlaku pada vaksin Oxford yang aman bagi orang dengan alergi.

“Kami menyarankan bahwa siapapun yang alergi terhadap makanan atau obat lain atau vaksin dapat memiliki vaksin Pfizer/BioNTech," kata Raine.

Dalam hal ini dokter Raine juga menyatakan bahwa vaksin Oxford mungkin bisa dipertimbangkan untuk ibu hamil.

"Tetapi sekarang kami telah meninjau data lebih lanjut dan telah menyarankan bahwa vaksin dapat dipertimbangkan untuk digunakan selama kehamilan karena manfaatnya lebih besar daripada risikonya," ujar Raine.

Ilustrasi Vaksin Covid-19 (getty image)
Ilustrasi Vaksin Covid-19 (getty image)

"Namun perempuan hamil tetap harus mendiskusikan manfaat dan risiko vaksin dengan ahli medis, sementara perempuan yang menyusui juga dapat diberikan vaksin dengan aman," imbuhnya.

Panduan tertulis MHRA yang diterbitkan pada hari Rabu (30/12/2020) tentang vaksin Oxford/AstraZeneca mengatakan studi hewan pendahuluan tidak menunjukkan efek berbahaya langsung untuk kehamilan, perkembangan embrio-janin, persalinan atau perkembangan pascakelahiran.

Berita Terkait

Berita Terkini