Info

Ciuman Pertama Lebih Sulit Dilupakan daripada Hubungan Seksual Perdana!

Apa yang membuat ciuman pertama lebih sulit dilupakan?

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi Ciuman. (unsplash)
Ilustrasi Ciuman. (unsplash)

Himedik.com - Dibanding hubungan seksual, ternyata kebanyakan orang dapat mengingat detail ciuman pertama mereka hingga 90%.

"Bibir adalah jaringan yang sangat sensitif, dengan banyak ujung saraf yang menandakan reaksi seperti panas dan dingin, tajam dan lembut," jelas LeslieBeth Wish, psikolog dan pekerja sosial klinis berlisensi di Sarasota, Florida.

Wish menambahkan bahwa ujung saraf ini juga mengaktifkan perasaan dekat dan keterikatan pasangan dengan membangkitkan bahan kimia 'cinta' di otak, seperti oksitosin.

"Meskipun seks menjadi hal yang kasual akhir-akhir ini, ciuman masih merupakan kegiatan yang serius. Ciuman adalah penghubung yang sangat kuat sehingga momen sentuhan pertama dapat membuatmu kewalahan dengan kesenangan," sambungnya, dilansir ABC News.

Tidak hanya membuat pasangan lebih dekat, ciuman juga dapat menyebabkan hubungan berakhir.

Ilustrasi ciuman (Shutterstock)

Penulis The Science of Kissing: What Our Lips Are Telling Us, Sheril Kirshenbaum, memperkirakan sekitar 59% pria dan 66% wanita mengakhiri hubungan mereka karena ciuman pertama yang buruk.

"Begitu banyak informasi yang ditukarkan saat berciuman. Satu ciuman dan semuanya (perasaan) bisa hilang sama sekali," ujar Kirshenbaum.

Psikolog Virginia yang berada di fakultas Human Sexuality Institute di Washington, DC, Geoffrey Michaelson, mengatakan ciuman itu penting untuk sebuah hubungan.

"Dalam percintaan, ciuman membawa pasangan ke arah keintiman emosional. Kita berhadapan dengan pasangan, menatap mata mereka, atau menutup mata saat 'menjangkau lebih dalam' untuk menjadi bagian dari sesuatu yang lebih," tandas Michaelson.

 

Berita Terkait

Berita Terkini