Info

Minum Air 5 Liter untuk Atasi Gejala Covid-19, Pria Ini Malah Masuk ICU

Ia minum air lebih banyak daripada yang disarankan dokter.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)
Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)

Himedik.com - Sebagian besar orang pasti berupaya melakukan segala tindakan pencegahan di tengah kasus virus corona Covid-19 yang meningkat secara global.

Salah satunya berusaha meningkatkan kekebalan tubuh dengan mengonsumsi obat rumahan, herbal, dan konsumsi makanan tertentu yang mengurangi risiko infeksi.

Tapi, beberapa orang justru bertindak terlalu jauh hingga membahayakan nyawanya sendiri. Hal serupa telah terjadi pada seorang pria yang terlalu banyak minum air untuk mengurangi gejala virus corona Covid-19.

Dilansir dari Times of India, Luke Williamson, pria 34 tahun di Patchway, Bristol telah direkomendasikan oleh dokter untuk minum 2 liter air setiap hari, setelah diduga terinfeksi virus corona Covid-19.

Tapi, Luke Williamson melakukannya berlebihan dan minum air lebih banyak daripada yang disarankan dokter. Ia berpikir minum 5 liter air setiap hari akan membuat gejala virus corona lebih cepat hilang.

Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@cottonbro)
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@cottonbro)

Sayangnya, Luke justru jatuh pingsan di kamar mandi dan berakhir menjalani perawatan intensif di ICU. Para dokter mengatakan bahwa konsumsi air berlebihan seperti Luke bisa menyebabkan keracunan air dan pembengkakan otak.

Beruntungnya, kondisi Luke tidak terlalu berat. Luke hanya menghabiskan waktu di ICU selama 2-3 hari dan setelah diizinkan pulang.

Air adalah kebutuhan dasar hidup manusia. Sekitar 60 persen tubuh Anda terdiri dari air. Jadi, penting untuk minum banyak air dalam sehari agar fungsi internal tubuh tetap lancar.

Karena, air membawa nutrisi ke sel, membuang racun, mengatur suhu dan memungkinkan tubuh menyerap dan mengasimilasi mineral, vitamin, asam amino, glukosa, dan zat lainnya.

Lalu, berapa banyak air yang dibutuhkan manusia?

Meskipun semua orang butuh banyak air untuk menjaga kesehatan tubuh, asupan minum air yang berlebihan juga bisa menyebabkan komplikasi serius.

Tapi, banyaknya jumlah air yang harus diminum setiap orang tergantung pada beberapa faktor, seperti kondisi kesehatan dan usianya.

Jika Anda minum terlalu banyak air, ginjal bisa dengan mudah mengeluarkan kelebihannya. Namun, organ dalam kita pun memiliki keterbatasan.

Ginjal hanya biasa mengeluarkan sekitar 1 liter per jam. Jadi, kecepatan Anda meminum air juga memiliki peran penting.

Jika Anda minum terlalu banyak dan terlalu cepat, ginjal Anda akan terbebani dan tidak akan dapat menjalankan tugasnya.

Di sisi lain, minum 3–4 liter air dalam waktu singkat dapat dengan mudah menyebabkan hiponatremia, suatu kondisi di mana konsentrasi natrium dalam tubuh menurun.

National Academy of Medicine pada tahun 2004 merekomendasikan wanita berusia 19-30 untuk mengonsumsi sekitar 2,7 liter air per hari dan pria dengan usia yang sama sekitar 3,7 liter per hari.

Berita Terkait

Berita Terkini