Info

Simak, Ini Alasan Mengapa Vaksin Covid-19 Harus Disimpan di Suhu Dingin

Mengapa vaksin Covid-19 harus disimpan di suhu dingin? begini menurut ahli.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi vaksin Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Vaksin Covid-19  seperti Pfizer dan Moderna harus ditempatkan di tempat yang dingin. Hal ini tentu menimbulkan berbagai pertayaan, mengapa sih vaksin harus ditempatkan di suhu dingin?

Melansir dari Health, penempatan vaksin di suhu dingin berhubungan dengan messenger RNA (atau mRNA) yang dikandung oleh vaksin. MRNA adalah materi genetik dalam vaksin yang berfungsi mengajarkan sel kekebalan mengenai bagaimana membuat protein lonjakan yang ditemukan pada virus penyebab Covid-19.

Sesuai sifatnya, molekul mRNA tidak stabil, sebab jika mereka bertahan dalam waktu lama sel kita dapat mengakumulasi tingkat protein berbahaya yang mereka bantu buat.

"mRNA terdegradasi dengan cepat. Ada juga enzim di lingkungan dan di sekitar kita yang memecah mRNA," ujar Lisa Morici, PhD, profesor di departemen mikrobiologi dan imunologi di Tulane University School of Medicine.

Ilustrasi vaksin Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi vaksin Covid-19. (Shutterstock)

Pembuat vaksin juga melapisi mRNA dalam nanopartikel lipid. Gelembung kecil lemak ini membantu membawa mRNA ke sel kita dan menawarkan tingkat perlindungan terhadap enzim yang dapat menghancurkan materi genetik yang rapuh.

Lapisan nanopartikel lipid tidak cukup untuk melindungi mRNA, sehingga penyimpanan di suhu dingin dibutuhkan.

Bagi vaksin Moderna membutuhkan suhu sekitar -25 derajat Celcius hingga -15 derajat Celcius, sementara untuk vaksin Pfizer membutuhkan suhu -80 derajat Celcius hingga -60 derajat Celcius. Perbedaan suhu penyimpanan bisa saja disebabkan oleh komposisi lapiran nanopartikel lipid yang dapat melindungi mRNA. 

Berita Terkait

Berita Terkini