Info

Berencana Menikah dengan Kekasih? Tanyakan 5 Hal Ini Dulu agar Tak Kecewa

Ada pertanyaan yang perlu diajukan kepada calon pasangan sebelum memutuskan menikah, apa saja?

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi pasangan menikah. (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi pasangan menikah. (Pixabay/Pexels)

Himedik.com - Menikah dengan kekasih merupakan keputusan yang harus dipikirkan secara matang. Sebab, pernikahan juga menyangkut kesejahteraan berrsama dan calon buah hati selama sisa hidup.

Terlepas dari berapa lama Anda bersama pasangan, mungkin ada beberapa hal yang perlu didiskusikan sebelum mengucap janji suci.

Melansir Insider, berikut beberapa pertanyaan penting yang perlu diketahui antar pasangan:

1. Jenis utang apa yang pasangan miliki?

Ekonomi merupakan faktor penyebab perceraian terbesar di Indonesia.

Meski tidak romantis, mendapatkan gambaran jelas tentang situasi keuangan pasangan dapat membantu Anda menghindari 'kejutan' saat kalian sudah menikah.

Apabila Anda dan pasangan ingin berinvestasi bersama setelah menikah, utang yang sudah ada sebelumnya dapat membatasi fleksibilitas finansial kalian nantinya.

Ilustrasi Pasangan (Pixabay/Candid_Shots)
Ilustrasi Pasangan (Pixabay/Candid_Shots)

2. Apakah ingin memiliki anak, dan kapan?

Penting untuk mengetahui apakah pasangan Anda ingin memiliki anak atau tidak saat memikirkan masa depan.

Jika Anda telah menetapkan bahwa kalian berdua ingin memiliki anak, penting juga untuk mengetahui kapan pasangan ingin mewujudkannya.

3. Bagaimana kalian memecahkan masalah?

Meski sudah berpacaran dan kemungkinan sudah tahu bagaimana cara pasangan mengatasi masalahnya, tidak ada salahnya untuk mendiskusikannya kembali.

Terapis pasangan dan salah satu pendiri Couples Institute, Peter Pearson, mengatakan mengetahui bagaimana pasangan menghadapi rintangan hidup itu penting.

"Apakah pasangan Anda menangani masalah secara langsung atau mereka bergantung pada orang lain untuk memecahkan masalahnya? Anda mungkin ingin mengetahui gaya pemecahan masalah pasangan sebelum berkomitmen seumur hidup bersama," kata Pearson.

Ilustrasi Pasangan (Pixabay/Disarm)
Ilustrasi Pasangan (Pixabay/Disarm)

4. Dapatkah pasangan berpegang pada anggaran atau mereka justru sering membelanjakan uang lebih dari yang mereka inginkan?

Sangat penting untuk memiliki pemikiran yang sama dalam hal penganggaran, pengeluaran, dan menabung. Jika tidak, hubungan kalian mungkin akan rusak.

"Ketika pasangan mengalami kesulitan uang, itu dapat menyebabkan 'kebohongan finansial', seperti pengeluaran yang tidak terkendali, berbohong, dan menyembunyikan masalah keuangan, yang dapat menghancurkan hubungan," kata psikoterapis Tessina.

Perhatikan perilaku pasangan terhadap uangnya dan seberapa cocok dengan Anda. Jika penganggaran mereka sulit untuk Anda tangani sekarang, hal itu dapat menyebabkan masalah di masa depan.

5. Seberapa penting seks bagi pasangan?

Menurut situs konseling hubungan Relate, akan ada masa ketika salah satu pasangan memiliki dorongan seks lebih tinggi dan pasangan yang lain rendah.

Meski normal, ada baiknya untuk membicarakan perasaan pasangan tentang seks sebelum pernikahan.

Hal penting lain yang perlu didiskusikan adalah apakah pasangan nyaman mendiskusikan kehidupan seksnya secara terus terang dan terbuka?

Berita Terkait

Berita Terkini