Info

Atasi Perut Keroncongan di Malam Hari, Ini 5 Makanan Rekomendasi Ahli

Asal konsumsi makanan sehat, sesekali makan di malam hari juga tidak masalah, simak rekomendasi ahli berikut.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi susu. (Pixabay)
Ilustrasi susu. (Pixabay)

Himedik.com - Perut keroncongan di malam hari tentu cukup membuat Anda bingung. Mau makan takut gemuk, tapi kalau tak makan pasti lapar dan susah tidur. Oleh karena itu, ahli gizi dari Rumah Sakit Wockhardt Mumbai, Amreen Shaikh berbagi tips konsumsi asupan yang cocok pada malam hari.

Melansir dari Healthshots, Shaikh menjelaskan bahwa makan lebih sedikit kalori di siang hari menyebabkan keinginan ngemil di tengah malam ini. Sebaliknya, dia menyarankan seseorang harus makan makanan yang sehat dan seimbang sepanjang hari untuk membantu mencegah pingin makan setelah makan malam.

"Jangan kelaparan sepanjang hari, daripada membuat dirimu sendiri kelaparan maka makanlah makanan atau kudapan yang sehat. Minumlah secangkir teh hijau atau kopi hijau, buah atau semangkuk kecil salad buah di siang atau sore hari," ujar Shaikh.

Menurut rekomendasi Syaikh, berikut beberapa kudapan yang bisa Anda konsumsi saat lapar di malam hari, antara lain:

1. Buah-buahan

Buah tetap baik dikonsumsi di jam berapapun karena tidak ada gula buatan. Buah juga bagus untuk sistem pencernaan Anda.

2. Yogurt

Perlu dicatat bahwa yogurt yang dimaksud adalah yogurt tanpa gula dan perasa. Anda bisa menambahkan beberapa potongan buah berair ke dalam yogurt.

3. Kacang

Kacang-kacangan terutama yang direndam juga baik dikonsumsi meskipun di malam hari.

4. Susu

Konsumsi susu tanpa gula juga bisa menjadi salah satu pilihan asupan yang membuat kenyang di malam hari.

Seorang perempuan minum susu. [shutterstock]
Seorang perempuan minum susu. [shutterstock]

5. Smoothie buah segar

Nikmat dan segar, smoothie bisa jadi alternatif enak untuk Anda di malam hari. "Saya menyarankan Anda memasukkan buah-buahan yang memiliki gula alami sehingga tidak perlu pemanis (pada smoothie)," saran Shaikh.

"Meskipun waktu yang tepat untuk makan camilan sehat adalah di antara waktu makan malam utama Anda (sebelum jam 8 malam), namun jika Anda masih merasa lapar, pilihan tersebut akan membantu Anda," kata Shaikh.

Berita Terkait

Berita Terkini