Info

Menilik Pengaruh Positif Pandemi Terhadap Kondisi Psikologis Seseorang

Ada juga hal positif meski kita melakukan kegiatan di rumah saja selama pandemi.

Yasinta Rahmawati

Ilustrasi tersenyum. (Shutterstock/Aaron Amat)
Ilustrasi tersenyum. (Shutterstock/Aaron Amat)

Himedik.com - Guna memutus rantai penyebaran virus corona Covid-19, banyak daerah melakukan pembatasan sosial berskala besar. Pun dengan misi yang serupa, pemerintah pusat menetapkan agar belajar dan beberapa jenis pekerjaan dilakukan dari rumah, lalu bersama media menciptakan gaung Di Rumah Saja.

Mengambil Hal Baik dari Pandemi

Mungkin masyarakat terlalu berfokus kepada hal-hal mengenai Covid-19 yang banyak merugikan kita. Banyak juga dari kita yang mengeluh bahwa kegiatan dari rumah itu membosankan dan melelahkan. Akan tetapi, banyak hal yang belum kita sadari bahwa kegiatan work from home itu ternyata banyak manfaatnya. Artikel ini akan membahas tentang apa saja hal positif dari adanya pandemi Covid-19 ini.

Saat sebelum adanya pandemi, kita suka sembarangan makan dan tidak pernah memperhatikan kebersihan terutama kebersihan tubuh sendiri. Cuci tangan dengan sabun merupakan hal sepele, tapi sangat jarang kita lakukan. Namun saat ini, kita menjadi lebih memperhatikan kesehatan dan kebersihan diri karena takut terpapar virus corona.

Lalu ditilik dari segi perekonomian, banyak sekali bisnis diluar sana yang merasakan dampak dari pandemi Covid-19. Tidak hanya pedagang kecil atau bisnis rumahan saja, tetapi juga bisnis-bisnis yang memiliki nama besar juga merasakan dampak dari pandemi ini.

Tetapi, tahukah Anda bahwa ada juga bisnis yang semakin maju dengan adanya pandemi. Contohnya produksi masker, jumlah permintaan produk masker mengalami kenaikan yang cukup besar. Tidak hanya masker, produksi antiseptik dan antibakteri seperti hand sanitizer juga mengalami hal yang sama.

Penjual dan distributor alat kesehatan juga merasakan dampak baiknya. Walaupun dunia kesehatan sedang mengalami krisis yang cukup besar, tetapi alat-alat kesehatan sedang sangat dibutuhkan pada saat ini.

Hal Positif Pandemi bagi Mahasiswa

Saat ini banyak mahasiswa yang mulai mengeluh karena pembelajaran dilakukan secara daring. Banyak juga kegiatan perkuliahan yang akhirnya terhambat karena adanya pandemi ini. Hal itu dirasakan mulai dari maba (mahasiswa baru) hingga mahasiswa tingkat akhir.

Menurut Tallita Almira Harvy, mahasiswi tingkat akhir di Binus University, ia juga merasakan pengaruh dari pandemi ini. "Banyak kegiatan yang sudah direncanakan terhambat, seperti saya kesulitan mendapatkan tempat magang, tidak bisa bersosialisasi ke luar rumah seperti biasanya dan saya harus mengatur ulang rencana yang tidak dapat diwujudkan saat ini akibat terhambat," ucapnya.

Mahasiswa menjahit di kala pandemi. (Dok. Ayu Salsabila Putri)
Mahasiswa menjahit di kala pandemi. (Dok. Ayu Salsabila Putri)

 

"Tetapi ada juga hal positif meski kita melakukan kegiatan di rumah saja. Awalnya kita mungkin merasa kesal karena pandemi dapat menghambat kegiatan kita, tapi seiring berjalannya waktu, tanpa kita sadari banyak juga kegiatan yang dapat dilakukan diluar dari rencana, self-control penting untuk menerima disaat rencana kita atau sesuatu yang kita harapkan tidak bisa terwujud atau terhambat," tambah Tallita.

Meskipun demikian, Tallita menyatakan bahwa dia juga merasakan dampak positinya. "Akibat berada di rumah terus menerus, seketika saya bisa lebih fokus mengevaluasi dan mengembangkan diri saya melalui kegiatan-kegiatan positif diluar perkuliahan yang bisa dilakukan di rumah aja seperti saya mengenal meditasi, bisa menyelesaikan banyak buku, berolahraga rutin dan kursus menjahit," katanya.

Berita Terkait

Berita Terkini