Info

Bangun Pagi Bisa Tetap Segar Meski Usai Begadang, Simak Tips Pakar Berikut

Menurut pakar, ada beberapa tips untuk membuat pagi Anda tetap segar meski semalam begadang.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi bangun tidur - (Pixabay/Pexels)
Ilustrasi bangun tidur - (Pixabay/Pexels)

Himedik.com - Usai begadang semalaman, Anda mungkin akan kesulitan untuk bangun pagi dengan segar dan berenergi. "Orang yang memiliki energi di malam hari dapat mengalami kesulitan menemukan energi yang sama di pagi hari," kata Nawal Alomari, LPC, seorang konselor berlisensi dan pelatih kehidupan kepada Bustle.

"Saat Anda bangun dengan terburu-buru atau stres karena tidur larut malam, sepanjang hari mungkin akan terasa menyulitkan," imbuhnya.

Oleh karena itu melansir dari Bustle, para ahli membagikan rutinitas pagi yang membuat Anda lebih bugar di pagi hari meski habis begadang, antara lain:

1. Bersikaplah Konsisten

Menurut pelatih kebugaran Erin Clifford, JD, menyatakan bahwa begadang di malam hari tidak apa-apa selama Anda memiliki jadwal tidur yang konsisten, termasuk di akhir minggu.

"Apakah Anda seorang produktif di malam hari dan harus bangun pagi, maka cobalah untuk pertahankan waktu-waktu tidur dan bangun secara konsisten," katanya kepada Bustle.

"Ketika kita tidur dan bangun pada waktu yang sama secara teratur, maka tubuh kita akan terbiasa dengan rutinitas itu," imbuhnya.

Bangun Pagi Bisa Tetap Segar Meski Usai Begadang, Simak Tips Pakar Berikut - 1
Ilustrasi bangun tidur. (Shutterstock)

Penelitian menunjukkan bahwa tidur teratur membantu Anda berpikir jernih, fokus, merasa nyaman, dan bahkan mengurangi risiko penyakit jantung, gangguan suasana hati, dan penyakit lainnya.

2. Jangan Menunda Bangun

Seusai begadang, Anda mungkin akan menunda-nunda bangun meskipun alarm sudah berbunyi. Namun menurut Debra Swan, pelatih kesehatan bersertifikat menyatakan bahwa menambahkan tidur sekejap setelah bangun malah tak baik untuk kesehatan.

Tidur lagi usai terbangun malah bisa meningkatkan stres, mengacaukan kemampuan Anda untuk berpikir jernih, dan bahkan dapat membuat Anda kesal.

3. Berjemur di bawah Sinar Matahari

Mendapatkan sinar matahari pada pagi hari dapat membantu Anda menyesuaikan diri di siang hari. "Dapatkan cahaya alami yang cerah di pagi hari," kata Swan.

"Buka gorden Anda dan biarkan dipenuhi sinar matahari jika memungkinkan, ini akan menyinkronkan ritme sirkadian dan memberi tahu otak bahwa sudah waktunya untuk bangun," imbuhnya.

Sebagai tambahan, vitamin D dari paparan sinar matahari juga dapat membantu meningkatkan kekebalan, memperkuat tulang, dan meningkatkan suasana hati Anda.

Bangun Pagi Bisa Tetap Segar Meski Usai Begadang, Simak Tips Pakar Berikut - 2

4. Hidrasi

Hidrasi usai bangun tidur memang sangat penting karena merehidrasi tubuh setelah tidur, meningkatkan metabolisme, dan membantu Anda merasa berenergi.

"Tidak ada yang merasa berenergi saat mengalami dehidrasi," kata Swan.

5. Konsumsi Protein

Clifford menyatakan bahwa sarapan camilan kaya protein seperti telur, yoghurt, atau kacang-kacangan dapat meningkatkan energi sepanjang hari. Jika Anda tidak punya banyak waktu, Swan merekomendasikan oat sebagai sarapan yang mudah.

Berita Terkait

Berita Terkini