Info

Sering Minum Teh Baik untuk Kesehatan Lansia, Ini Manfaatnya!

Lansia yang minum teh lebih banyak dan sering akan merasakan banyak manfaat kesehatan.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi minum teh. (Pixabay/congerdesign)
Ilustrasi minum teh. (Pixabay/congerdesign)

Himedik.com - Teh adalah minuman yang paling banyak disukai orang dan bisa dinikmati oleh siapa pun. Karena, secangkir teh hangat bisa membantu menenangkan diri dan pas untuk dinikmati saat bersantai.

Apalagi teh adalah minuman yang bisa dikonsumsi semua orang, dari anak muda hingga orang tua. Pada orang tua atau lansia, minum teh bisa memberikan banyak manfaat kesehatan.

Seperti yang kita semua tahu, sistem kekebalan tubuh seseorang akan semakin lemah dan rentan terhadap penyakit kronis seiring bertambahnya usia karena sistem kekebalan menurun.

Jadi, sangat penting untuk menjaga kesehatan Anda di usia tua agar hidup lebih lama dan sehat. Temuan baru dari sebuah studi menunjukkan bahwa minum 5 cangkir teh dalam sehari bisa meningkatkan akurasi dan kecepatan reaksi bagi orang yang berusia 85 tahun.

Penelitian di The National dilansir dari Times of India, menyatakan peningkatan fungsi kognitif dapat membantu orang dewasa yang lebih tua melakukan banyak aktivitas, seperti mengemudi dan menyelesaikan pekerjaan.

ilustrasi minum teh [shutterstock]
ilustrasi minum teh [shutterstock]

Dr Edward Okello, yang memimpin proyek Pusat Penelitian Nutrisi Manusia di Universitas Newcastle, mengklarifikasi bahwa peningkatan kemampuan kognitif tidak hanya karena senyawa dalam minuman, tetapi juga ritual ketika minum teh seperti berbincang-bincang.

Pada penelitian ini, para peneliti mempelajari data lebih dari 1.000 partisipan yang berusia 85 tahun sejak tahun 2006 hingga 2020.

Tujuan utama mereka adalah mencari bukti bahwa manfaat minum teh hitam salah satunya bisa melindungi diri dari kehilangan ingatan.

Pada akhirnya, mereka menemukan bahwa minum teh lebih banyak bisa meningkatkan rentang perhatian secara signifikan bersamaan dengan kecepatan psikomotorik. Namun, mereka tidak menemukan hubungan antara minum teh dan fungsi memori secara keseluruhan.

Manfaat minum teh

Studi lain oleh para peneliti dari National University of Singapore (NUS) dan Fudan University di Shanghai mengisyaratkan bahwa minum teh setiap hari bisa menurunkan tingkat depresi pada lansia.

Meski demikian, sulit untuk memastikan minum teh bisa menurunkan risiko depresi atau tidak. Beberapa makalah menyebutkan bahwa senyawa dalam teh, seperti catechin, L-theanine dan kafein bisa meningkatkan mood, mencegah kanker dan meningkatkan umur panjang.

Penelitian menemukan teh hitam tanpa pemanis adalah pilihan terbaik untuk kesehatan. Tapi, hampir semua jenis teh memiliki senyawa yang kurang lebih sama.

Jadi, ada kemungkinan seseorang mendapatkan manfaat bahkan dari minum teh biasa. Pastikan itu mengandung lebih sedikit gula dan lebih memilih teh herbal daripada teh biasa.

Berita Terkait

Berita Terkini