Info

Ketahui Daftar Lengkap Gejala Virus Corona Covid-19 Sesuai Variannya

Sebagian besar orang mungkin mengira virus corona Covid-19 lama dan varian baru memiliki gejala yang berbeda. Benarkah demikian?

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)
Ilustrasi masker dan virus corona. (Pixabay)

Himedik.com - Penelitian baru telah menemukan tanda-tanda virus corona Covid-19 berdasarkan varian barunya yang berbeda-beda.

Data dari Office for National Statistics (ONS) telah menemukan bahwa beberapa gejala muncul lebih sering ketika seseorang terinfeksi varian baru virus corona di Inggris, yang pertama kali terdeteksi akhir tahun lalu.

Tanda-tanda infeksi ini termasuk batuk, kelelahan, dan sakit tenggorokan. Tapi, penelitian juga menemukan bahwa sakit perut, hilangnya rasa dan bau lebih mungkin merupakan tanda dari varian virus corona yang lama.

ONS yang telah menjalankan survei massal selama berbulan-bulan terhadap virus corona tersebut menambahkan, bahwa tidak ada bukti kalau setiap varian virus corona memiliki perbedaan gejala yang berkaitan dengan sesak napas atau sakit kepala.

Data berikut ini dilansir dari Mirror UK, menunjukkan gejala umum virus corona pada setiap jenis yang ada berdasarkan persentase orang positif Covid-19 antara 5 November 2020 hingga 16 Januari 2021.

Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)

1. Batuk

Sekitar 28 persen orang mengalaminya ketika terinfeksi varian virus corona lama dan 38 persen ketika terinfeksi varian virus corona Inggris.

2. Sakit kepala

Studi ONS menemukan sedikit atau tidak ada perbedaan antara kedua varian virus corona Covid-19, baik yang lama maupun yang ditemukan di Inggris.

3. Hilangnya indra pengecap atau rasa

Sekitar 18 persen orang terinfeksi varian virus corona lama mengalaminya dan 15 persen orang mengalaminya akibat varian virus corona Inggris.

4. Hilangnya indra penciuman atau bau

Sekitar 19 persen orang mengalami kondisi ini akibat varian virus corona lama dan 16 persen menagalminya akibat varian virus corona Inggris.

5. Demam

Sekitar 19 orang mengalami demam ketika terinfeksi varian virus corona lama dan 22 persen mengalaminya akibat varian baru virus corona di Inggris.

6. Mual dan muntah

Studi ONS juga menemukan sedikit atau tidak ada perbedaan gejala terkait mual dan muntah pada kedua jensi varian virus corona Covid-19.

7. Sesak napas

Studi oleh ONS menemukan sedikit atau tidak ada perbedaan terkait gejala ini pada kedua varian virus corona Covid-19, baik yang lama maupun di Inggris.

8. Nyeri otot

Sebanyak 21 persen orang mengalami nyeri otot akibat varian virus corona asli dan 24 persen mengalaminya akibat varian virus corona Inggris.

Berita Terkait

Berita Terkini