Info

1 dari 5 Pasien Covid-19 dengan Diabetes Meninggal Kurang dari Sebulan

Penelitian Prancis menunjukkan bahwa 20 persen pasien Covid-19 dengan diabetes meninggal di kurun waktu kurang dari satu bulan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi pasien Covid-19. (Shutterstock)
Ilustrasi pasien Covid-19. (Shutterstock)

Himedik.com - Satu dari lima atau sekitar 25 persen pasien yang menderita diabetes akan meningggal jika terinfeksi Covid-19. Hal ini dinyatakan dalam penelitian baru dari studi CORONADO Prancis.

Melansir dari Medscape, penelitian ini diambil dari investigasi ilmiah yang dimulai sejak gelombang pertama pandemi. Mereka mengumpulkan sejumlah data besar di mana temuan awal telah diterbitkan pada Mei 2020.

Temuan awal mereka menunjukkan bahwa 10,6 persen pasien diabetes tipe 2 yang terinfeksi Covid-19 serta 5,6 persen pasien diabetes tipe 1 yang terinfeksi Covid-19 umumnya meninggal dalam 7 hari setelah masuk rumah sakit.

Namun hasil terkini menunjukkan bahwa dari 2.796 pasien diabetes yang dirawat di rumah sakit dengan Covid-19, 577 atau 20 persen di antaranya meninggal dalam waktu 28 hari. Sementara 1404 (50,2%) telah dipulangkan. Data diambil dari pasien yang dirawat di 68 institusi seluruh Prancis antara 10 Maret hinga 10 April 2020.

Hasil penelitian terkini telah dipresentasikan pada konferensi pers yang diadakan oleh Francophone Foundation for Diabetes Research (FFRD) pada tanggal 3 Februari 2021 dan dipublikasikan di Diabetologia.

"Kami mengumpulkan semua informasi medis yang relevan seperti riwayat, perawatan biasa, presentasi klinis dan biologis, serta prognosis rumah sakit," kata penulis utama Matthieu Wargny, MD, L'Institut du Thorax, INSERM, CNRS, Rumah Sakit Universitas Nantes, Prancis.

Wargny menggarisbawahi bahwa data dikumpulkan selama gelombang pertama pandemi sehingga mungkin akan berbeda dengan kondisi sekarang. Persentase kematian bisa saja berkurang dengan berbagai kemajuan perawatan untuk pasien Covid-19.

Berita Terkait

Berita Terkini