Info

Tanda Seseorang Memiliki EQ yang Rendah, Menyalahkan Orang Lain Termasuk

Ketahui tanda orang yang memiliki kecerdasan emosional rendah.

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah

Ilustrasi marah. (pixabay/RyanMcGuire)
Ilustrasi marah. (pixabay/RyanMcGuire)

Himedik.com - Tidak hanya intelektual (IQ), kecerdasan emosional (EQ) juga sama pentingnya. Seseorang yang memiliki kecerdasan emosional rendah tidak mampu memahami emosi diri sendiri dan orang lain dan menggunakannya saat beraksi atau bertindak sesuatu.

Kecerdasan emosional pada dasarnya penting untuk setiap aspek kehidupan. Banyak ahli percaya bahwa EQ sebenarnya lebih penting daripada IQ dalam menentukan kesuksesan dalam hidup.

Menurut Verywell Mind, berikut tanda seseorang memiliki EQ yang rendah:

1. Harus selalu benar

Orang dengan EQ rendah akan selalu berdebat tanpa mau mendengarkan apa yang dikatakan orang lain. Sekalipun Anda memberikan bukti bahwa mereka salah, mereka akan tetap membantah fakta tersebut.

Mereka harus merasa menang dengan segala cara dan merasa sangat sulit hanya untuk setuju dengan orang lain.

ilustrasi bekerja dimarahi. (Pexels/Moose Photos)
ilustrasi EQ rendah (Pexels/Moose Photos)

2. Mengabaikan perasaan orang lain

Banyak orang dengan EQ rendah tampaknya tidak menyadari perasaan orang lain. Mereka mungkin akan terkejut ketika rekan kerja atau pasangan marah terhadapnya.

Tidak hanya itu, mereka juga kesal saat orang lain berharap mereka memahami perasaannya.

3. Tidak peka

Sebagian besar, orang dengan EQ rendah tidak tahu apa yang harus dikatakan. Mereka juga tidak bisa mengatakan sesuatu di waktu yang tepat. Misalnya, mengatakan sesuatu yang tidak sensitif di pemakaman atau membuat lelucon saat ada peristiwa tragis.

4. Menyalahkan orang lain atas kesalahannya

Satu hal yang tidak akan dilakukan oleh orang dengan EQ rendah adalah bertanggung jawab atas tindakan mereka. Ketika terjadi kesalahan, reaksi pertama mereka adalah menemukan seseorang atau sesuatu untuk disalahkan.

5. Tidak bisa menyelesaikan masalah

Ketidakmampuan untuk mengatasi situasi emosional dapat menjadi indikator EQ yang rendah. Mereka sering meninggalkan situasi hanya untuk menghindari keharusan menghadapi dampaknya.

Berita Terkait

Berita Terkini