Info

Redakan Efek Samping Vaksin Covid-19, Cobalah Makan Sup Ayam!

Makanan tertentu bisa membantu meredakan efek samping suntik vaksin Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Vaksin, vaksinasi. (Pixabay)
Vaksin, vaksinasi. (Pixabay)

Himedik.com - Efek samping setelah suntik vaksin Covid-19 adalah hal yang wajar. Biasanya, efek samping vaksin Covid-19 ini ringan dan hanya berlangsung singkat.

Tapi, beberapa orang mungkin butuh cara untuk meringankan efek samping vaksin Covid-19, seperti demam atau nyeri badan karena harus lanjut aktivitas.

Ternyata, secangkir teh panas dan semangkuk sup bisa membantu meringankan efek samping vaksin Covid-19. Sebagian besar orang juga biasa mengonsumsi makana itu ketika tidak enak badan.

Dalam hal ini, sup ayam salah satu makanan terbaik yang bisa dikonsumsi setelah suntik vaksin Covid-19. Tapi, Anda harus memastikan sup ayam yang dikonsumsi masih hangat.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), seseorang mungkin mengalami beberapa efek samping merugikan dari suntik vaksin Covid-19.

Ilustrasi vaksin COVID-19 (pixabay)
Ilustrasi vaksin COVID-19 (pixabay)

Menurut para ahli dilansir dari Times of India, efek samping ini adalah akibat dari peradangan yang terjadi di dalam tubuh. Tubuh Anda bereaksi terhadap protein lonjakan dan bekerja untuk melawan infeksi yang dirangsang.

Demam, nyeri lengan dan nyeri tubuh adalah beberapa gejala umum sistem kekebalan tubuh ketika melawan sesuatu atau patogen.

Karena itu, seseorang akan disarankan mengonsumsi makanan penambah kekebalan untuk mendukung pemulihan yang cepat. Anda akan disarankan untuk mengonsumsi makanan dengan kandungan air tinggi.

CDC sendiri merekomendasikan untuk mengonsumsi lebih banyak air, karena cairan penting untuk membantu pemulihan tubuh setelah suntik vaksin Covid-19.

Artinya, ada makanan anti-inflamasi yang bisa menghidrasi bisa membantu mempercepat proses pemulihan tubuh setelah vaksin Covid-19.

Sup ayam

Sup ayam menjadi pilihan makanan terbaik dalam kondisi ini, karena bermanfaat untuk pengobatan dan memiliki efek antiinflamasi ringan.

Menurut jurnal CHEST, semua komponen dalam sup ayam bisa membantu melawan peradangan, seperti ayam, wortel, seledri, peterseli, garam dan merica.

Kaldu tulang juga memiliki asam amino yang disebut glisin dan arginin, yang memiliki efek anti-inflamasi kuat. Jadi, Anda bisa menyesap secangkir kaldu tulang jika tidak ingin makan apapun.

Berita Terkait

Berita Terkini