Info

Jaga Kesehatan dari Hati sampai Jantung, Yuk Konsumsi 4 Minuman Ini

Beberapa minuman sehat bisa meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Teh hijau. (shutterstock)
Teh hijau. (shutterstock)

Himedik.com - Pola makan menjadi hal esensial untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Dalam hal ini, beberapa minuman bisa membantu Anda meningkatkan kesehatan organ penting dan memperpanjang harapan hidup.

Melansir dari Eat This, berikut beberapa minuman yang bisa meningkatkan harapan hidup menurut sains, antara lain:

1. Kopi

Menurut temuan analisis terbaru yang diterbitkan dalam jurnal American Heart Association Circulation: Heart Failure menunjukkan bahwa meminum secangkir kopi 8 ons seriap hari dikaitkan dengan penurunan risiko gagal jantung.

Studi lain juga mengungkapkan bahwa orang yang minum dua cangkir kopi setiap hari memiliki risiko gagal jantung 30 persen lebih rendah. Meskipun bermanfaat, Anda tetap harus menjaga konsumsi kopi tetap dalam takaran normal, yakni 1 sampai 2 cangkir.

2. Teh hijau

Beberapa penelitian selama dekade terakhir menunjukkan bahwa teh hijau dapat memberikan efek positif pada kesehatan jantung, terutama dengan mengurangi kadar LDL atau kolesterol jahat.

Saat LDL menumpuk di dinding arteri, maka dapat menyebabkan arteri tersumbat di mana dapat memicu stroke dan serangan jantung.

3. Matcha

Teh matcha yaitu bubuk yang terbuat dari daun teh hijau yang digiling halus juga memberikan berbagai manfaat nagi kesehatan. Matcha dapat membantu mengurangi risiko terkena penyakit hati.

4. Air

Bagaimanapun air putih adalah jenis minuman paling sehat. Menurut Mayo Clinic, wanita harus minum sekitar 11,5 gelas air setiap hari sedangkan pria harus mengonsumsi 15,5 gelas setiap hari.

Minum cukup air setiap hari sangat penting untuk menjaga suhu tubuh normal, melumasi dan melindungi persendian, melindungi sumsum tulang belakang, memungkinkan tubuh Anda mengeluarkan limbah melalui urine, buang air besar, dan bahkan keringat.

Berita Terkait

Berita Terkini