Info

Pernah Alami 4 Jenis Mimpi Berikut? Bisa Jadi sedang Alami Masalah Mental

Masalah kesehatan mental terkadang tidak disadari dengan baik, namun ternyata bisa ditandai oleh alam bawah sadar Anda, yakni mimpi.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Mimpi terjatuh. (pixabay)
Mimpi terjatuh. (pixabay)

Himedik.com - Beberapa mimpi bisa menjadi refleksi masalah kesehatan mental.  Dalam hal ini, mimpi-mimpi tertentu ternyata bisa menjadi salah satu tanda bahwa Anda sedang mengalami kecemasan.

"Mimpi kita adalah cara bagi kita untuk memproses informasi dari hari, minggu, bulan, dan tahun. Itu juga cara untuk memproses pikiran dan perasaan yang ada," ujar Joshua Klapow, Ph.D. psikolog klinis dan pembawa acara 'The Kurre and Klapow Show' pada Bustle.

Mimpi dapat dikaitkan langsung dengan peristiwa yang benar-benar terjadi dalam hidup atau lebih simbolis. Terlepas dari apakah itu mencerminkan peristiwa yang sebenarnya atau tidak, mimpi mewakili emosi yang nyata.

Melansir dari Bustle, berikut beberapa mimpi yang bisa menandakan kecemasan atau masalah kesehatan mental, antara lain:

1. Sedang dikejar

Mimpi dikejar namun sulit untuk berlari, menghindar, dan menemukan tempat bersembunyi bisa menjadi tanda bahwa Anda sedang stres. "Ini biasanya merupakan cerminan dari perasaan tidak aman atau pada tingkat yang lebih dalam, bahwa tantangan atau kecemasan dalam hidup seseorang terasa seperti mengejar kita," kata Rev. Connie L. Habash, MA, LMFT dan penulis Awakening From Anxiety.

2. Gigi copot

Menurut sebuah penelitian tahun 2018, mimpi tentang gigi tanggal adalah salah satu mimpi stres yang paling sering dialami orang. Tapi tentu saja, tidak ada mimpi yang memiliki definisi tunggal.

"Ketika kita bermimpi gigi kita rontok, itu adalah manifestasi lain dari kekhawatiran atau ketakutan, biasanya didasarkan pada hilangnya kendali," ujar Habash.

Ilustrasi mimpi. (Shutterstock)
Ilustrasi mimpi. (Shutterstock)

3. Tampil telanjang di depan umum

Mimpi tampil telanjang di depan umum bisa berarti bahwa Anda mengalami stres dan kecemasan mengenai kekurangan yang Anda rasakan.

"Ini sering kali merupakan gambaran dari perasaan rentan dan takut terekspos," ujar Habash.

4. Jatuh

Menurut situs Dream Dictionary, rata-rata orang akan bermimpi jatuh lebih dari lima kali dalam hidup mereka. Jenis mimpi ini sering dikaitkan dengan perasaan kehilangan kendali atas situasi tertentu.

Berita Terkait

Berita Terkini