Info

Banyak yang Tak Tahu, Pakai Sandal di Rumah Beri 5 Manfaat Kesehatan Ini!

Pakai sandal di rumah tidak hanya membuat kaki lebih hangat, tetapi juga memberikan 5 manfaat kesehatan.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

sandal, pakai sandal di rumah (Pixabay/tookapic)
sandal, pakai sandal di rumah (Pixabay/tookapic)

Himedik.com - Rata-rata, orang tidak terbiasa memakai sandal selama di rumah karena berbagai alasan. Sedangkan, kebanyakan justru orang lebih tua yang memakai sandal di rumah agar tidak kedinginan.

Padahal pakai sandal di dalam rumah tidak hanya memberikan kehangatan, tetapi juga manfaat kesehatan. Sayangnya, masih banyak orang yang belum mengetahui manfaat ini.

Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa manfaat memakai sandal di dalam rumah.

1. Mencegah penyakit umum

Kebiasaan tidak memakai sandal di rumah memungkinkan panas tubuh keluar melalui kaki. Saat tubuh terus kehilangan panasnya, sirkulasi darah menurun bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan umum, seperti pilek dan flu.

Sehingga pakai sandal di dalam rumah memberikan perlindungan pada kaki, yang membantu tubuh menjaga aliran darah tetap normal dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh melawan penyakit.

Ilustrasi Sandal (Pexels/Lara Santos)
Ilustrasi Sandal (Pexels/Lara Santos)

2. Mencegah infeksi bakteri dan jamur

Meskipun Anda sudah berusaha menjaga kebersihan lantai, tapi tetap ada kuman dan bakteri yang tidak bisa terlihat kasat mata di permukaan lantai.

Anda tidak bisa menghentikan mikroorganisme berbahaya memasuki rumah dengan air, udara dan pembawa lainnya. Pakai sandal di dalam rumah bisa membantu melindungi kaki dari penyakit menular, seperti jamur kuku kaki dan kutu air.

3. Meningkatkan keseimbangan tubuh

Pakai sandal di alam rumah bisa meningkatkan keseimbangan tubuh bayi dan orang tua. Karena, kaki bayi tidak rata sampai usia tertentu dan sering jatuh ketika belajar jalan.

Sehingga pakai sandal di rumah bisa membantu bayi berjalan lebih mudah dan lancar. Pada orang yang lebih tua, pakai sandal bisa membantu menjaga keseimbangan dan stabilitas seiring bertambahnya usia.

4. Menyembuhkan kaki bengkak

Sirkulasi darah yang tidak lancar bisa menyebabkan kaki bengkak. Sehingga pakai sandal di dalam rumah bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah Anda. Tapi, Anda harus memakai sandal yang pas dengan kaki.

Berita Terkait

Berita Terkini