Info

Hati-Hati, 3 Reaksi Alergi Ini Efek Samping Lain Virus Corona Covid-19

Ada beberapa reaksi alergi yang merupakan efek samping lain dari virus corona Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Vaksin Covid-19, vaksinasi. (Pixabay)
Vaksin Covid-19, vaksinasi. (Pixabay)

Himedik.com - Sejumlah vaksin Covid-19 yang telah disetujui, seperti vaksin AstraZeneca, Pfizer dan moderna bisa menyebabkan beberapa efek samping.

Efek samping vaksin Covid-19 ini menandakan bahwa tubuh merespons dengan baik dan membentuk antibodi. Efek samping setelah suntik vaksin Covid-19 ini juga umum terjadi pada jenis vaksin lainnya.

Adapun tiga tanda reaksi alergi mengkhawatirkan dari vaksin Pfizer yang harus diperhatikan, antara lain:

  1. Ruam kulit yang gatal
  2. Sesak napas
  3. Pembengkakan pada wajah atau lidah

"Hubungi dokter atau professional perawatan kesehatan Anda segera atau pergi ke ruang gawat darurat rumah sakit terdekat," jelas para ahli dikutip dari Express.

Ilustrasi vaksin Covid-19 (unsplash/@hakannural)
Ilustrasi vaksin Covid-19 (unsplash/@hakannural)

Ketiga tanda-tanda reaksi alergi itu harus diperiksa oleh ahli medis karena bisa mengancam nyawa. Selain itu, orang yang alergi terhadap bahan-bahan berikut ini sebaiknya tidak diberi vaksin Pfizer.

  1. Potasium klorida
  2. Kalium dihydrogen fosfat
  3. Natrium klorida
  4. Disodium hydrogen fosfat dihidrat
  5. Sukrosa

Pemberi vaksin Covid-19 telah dilatih untuk mengenali dan merespons dengan cepat jika penerima mengalami reaksi alergi. Anda juga harus konsultasi bila mengalami reaksi apapun setelah suntik vaksin Covid-19.

Adapun efek samping vaksin Pfizer yang lebih umum, termasuk nyeri di tempat suntikan, kelelahan, sakit kepala, nyeri otot, panas dingin, nyeri sendi, dan demam.

Semua efek samping vaksin Covid-19 ini bertujuan memicu produksi alami antibodi tubuh dan menstimulasi sel-sel kekebalan untuk melindungi tubuh dari Covid-19.

Berita Terkait

Berita Terkini