Info

Ahli Sebut Orang Inggris Butuh 3 Kali Suntik Vaksin Covid-19, Ini Sebabnya!

Varian baru virus corona Inggris dianggap berbahaya sehingga orang Inggris dikatakan butuh 3 kali suntikan vaksin Covid-19.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Vaksin Covid-19, vaksinasi, suntik vaksin. (Pixabay)
Vaksin Covid-19, vaksinasi, suntik vaksin. (Pixabay)

Himedik.com - Varian baru virus corona Inggris salah satu strain virus corona yang paling dikhawatirkan. Orang Inggris pun mungkin butuh suntikan vaksin Covid-19 sebanyal 3 kali untuk mengatasinya.

Di samping itu, para ilmuwan masih membuat vaksin Covid-19 baru untuk melawan varian baru virus corona tersebut, salah satunya yang telah diyakini adalah vaksin Novavax.

Sebelumnya, Inggris telah menggunakan vaksin Pfizer dan AstraZeneca untuk melawan varian virus corona sebelumnya. Kedua vaksin Covid-19 itu pun sudah disuntikkan kepada lebih dari 30 juta orang di Inggris.

Karena vaksin Covid-19 itu sudah terbukti bekerja melawan varian lama, Penelitian menunjukkan bahwa vaksin tersebut kurang efektif melawan varian baru virus corona.

Khususnya, varian virus corona yang berkembang di Afrika Selatan dan Brasil. Kedua varian baru virus corona itu memiliki mutasi yang membuat bisa lolos dari kekebalan yang dibangun oleh vaksin Covid-19.

Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)

Para ilmuwan pun terus berusaha memperbarui vaksin Covid-19 yang sudah tersedia, harapannya vaksin bisa terus berkembang dan mampu menghadapi mutasi baru lagi di masa mendatang.

Sementara itu, Kepala Petugas Medis Inggris Chris Whitty mengakui mutasi baru virus corona Covid-19 itu sangat menular dan mengkhawatirkan. Chris Whitty memperingatkan bahwa varian virus corona mungkin lebih rentan menular pada kelompok yang lebih muda dan belum vaksin Covid-19.

"Kami perlu antisipasi sebelum beraktivitas normal, karena bisa terjadi peningkatan jumlah kasus infeksi," kata Chris Whitty dikutip dari The Sun.

Ia juga mengatakan meningkatkan kasus di Eropa berisiko membawa virus ke Inggris dan mungkin jauh lebih besar dari varian baru virus corona yang kebal terhadap vaksin.

Di tengah para ilmuwan berusaha membuat vaksin Covid-19 yang tepat, Mr Hancock mengatakan kemungkinan orang Inggris perlu suntikan vaksin Covid-19 3 kali, yang bisa dilakukan selama musim gugur untuk meningkatkan kekebalan terhadap virus.

Adapun kelompok prioritas yang akan mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 ketiga kalinya, termasuk lansia 70 tahun, pekerja medis dan perawatan sosial.

Cara ini pun diharapankan bisa melindungi seseorang dari 3 varian baru virus corona Covid-19 yang mengkhawatirnya. Selain itu, vaksin Novavax pun diperkirakan akan tersedia pada musim gugur mendatang.

Berita Terkait

Berita Terkini