Info

Termasuk Saus, 6 Asupan Berikut Tinggi Gula dan Berefek pada Kesehatan

Jarang disadari, beberapa makanan yang terlihat tak mengandung gula ternyata punya kandungan gula tinggi.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Saus tomat. (Genius Kitchen)
Saus tomat. (Genius Kitchen)

Himedik.com - Jangan salah, menghindari gula bukan cuka menolak makanan seperti  cokelat, burger, roti, dan soda. Beberapa asupan makanan yang Anda kira sehat dan baik-baik saja bisa dipenuhi dengan gula yang tak baik untuk kesehatan.

Melansir dari Healthshots, berikut beberapa makanan tinggi gula yang sering kali tidak Anda sadari, antara lain:

1. Saus Tomat

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Frontiers in Pharmacology, makan terlalu banyak saus tomat dalam jangka waktu yang sangat lama dapat memengaruhi kesehatan pembuluh darah Anda. Saus tomat juga dapat memengaruhi kesehatan tulang Anda. 

Saus tomat memiliki kandungan gula yang cukup tinggi. 

2. Yoghurt Rendah Lemak

Secangkir yogurt rendah lemak mengandung lebih dari 45 gram gula, yaitu sekitar 11 sendok teh gula. Nyatanya, Anda harus memilih yogurt versi normal karena lebih bergizi.

3. Saus barbeque

Sama seperti saus lainnya, saus ini juga berdampak pada kesehatan pembuluh darah Anda yang pada akhirnya dapat berdampak pada jantung Anda.

4. Susu perisa

Perasa buatan yang ditambahkan ke susu rasa kalengan memiliki kandungan gula yang tinggi. Healthshots menyarankan untuk memilih susu tanpa rasa untuk mendapatkan gizi yang optimal.

Ilustrasi susu berperasa. (drivemehungry.com)
Ilustrasi susu berperasa. (drivemehungry.com)

5. Buah kalengan

Persentase pengawet dan gula yang tinggi hanya menghilangkan efek vitamin dan nutrisi yang ada dalam buah-buahan. Anda sebaiknya konsumsi buah dalam keadaan utuh. 

6. Minuman olahraga

Tidak diragukan lagi bahwa minuman olahraga memberi Anda energi dalam sekejap. Namun hal  ini disebabkan karena tambahan gula di dalamnya yang membuat energi meningkat dengan cepat namun turun dengan cepat pula. 

Berita Terkait

Berita Terkini