Info

Minum Teh Cengkeh Setiap Hari, Ini 4 Efeknya pada Tubuh!

Minum teh cengkeh setiap hari bisa menyebabkan beberapa perubahan pada tubuh.

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni

Ilustrasi minum teh cengkeh (Pixabay/chezbeate)
Ilustrasi minum teh cengkeh (Pixabay/chezbeate)

Himedik.com - Sejak lama, cengkeh telah digunakan dalam banyak pengobatan tradisional. Karena, rempah-rempah ini memiliki banyak manfaat kesehatan.

Sifat anti-inflamasi dan anti-bakterinya bisa membantu meningkatkan pencernaan dan meredakan penyakit kesehatan lainnya. Anda bisa menambahkannya dalam makanan atau minuman.

Misalnya, Anda bisa menambahkan cengkeh ke dalam minuman teh. Anda cukup membutuhkan 1 gelas air, 4-5 biji cengkeh, 1/2 inci batang kayu manis, 1/2 inci jahe, gula merah dan lemon.

Cara membuatnya, tuangkan air ke dalam panci dan masak hingga mendidih. Lalu, angkat air dari api dan tambahkan 4-5 biji cengkeh, jahe parut dan batang kayu manis ke dalamnya.

Biarkan semua rempah-rempah tambahan itu terendam selama 15 hingga 20 menit. Saring air dalam cangkir dan tambahkan 1 sendok teh madu serta 1 sendok makan air lemon.

Berikut ini dilansir dari Times of India, beberapa manfaat kesehatan dari minum teh cengkeh secara rutin.

minum teh, teh cengkeh [shutterstock]
minum teh, teh cengkeh [shutterstock]

1. Menurunkan berat badan

Teh cengkeh ini bisa membantu melancarkan pencernaan Anda. Karena, senyawa yang ada dalam cengkeh dan rempah-rempah yang digunakan dalam teh bisa meningkatkan proses pencernaan Anda.

Pada gilirannya, minuman teh cengkeh ini bisa membantu menurunkan berat badan karena kedua proses itu erat kaitannya dengan lainnya. Rempah-rempah ini juga dikenal bisa meningkatkan laju metabolisme sehingga mempercepat proses pembakaran lemak.

2. Menyembuhkan infeksi kulit

Cengkeh juga sarat dengan sifat antiseptic yang bisa membantu mengatasi masalah kulit dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh. Selain itu, cengkeh juga bisa membantu mengurangi stres oksidatif yang bisa memperlambat munculnya kerutan, bitnik-bitnik penuaan dan noda.

3. Mengobati sinus

Teh cengkeh juga bisa membantu mengatasi dada sesak dan meredakan sinus. Kandungan eugenol dalam cengkeh bisa membersihkan hidung tersumbat dan membantu melegakan. Cengeh juga mengandung vitamin E dan K yang bisa membantu melawan infeksi bakteri dan mengatasi demam.

4. Meredakan sakit gusi dan gigi

Teh cengkeh juga dikemas dengan senyawa anti-inflamasi yang bisa membantu meredakan sakit gigi dan gusi yang bengkak. Teh herbal ini bisa membantu menghilangkan bakteri dari mulut, sehingga bisa meredakan masalah gigi dengan cepat.

Tetapi, cengkeh juga memiliki efek samping yang sama dengan remah-rempah lainnya. Minum teh cengkeh satu atau dua kali sehari memang baik untuk kesehatan, tetapi meminumnya dalam jumlah lebih bisa menyebabkan gangguan pencernaan, nyeri otot dan kelelahan.

Berita Terkait

Berita Terkini