Info

Kanker Usus Bisa Dicegah, Konsumsi 5 Makanan Ini Bisa Membantu

Mencegah kanker usus bisa dilakukan, terutama mengatur apa yang Anda konsumsi.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)
Ilustrasi kanker (Pixabay/PDPics)

Himedik.com - Pencegahan kanker usus pertama kali tertelak pada apa yang Anda makan. Sebab apa yang Anda konsumsi akan berefek besar pada kesehatan usus termasuk kanker.

Melansir dari Medical Xpress, Anda dapat mengurangi risiko kanker usus dengan makan lima jenis makanan. Kelima jenis makanan tersebut adalah sayuran, gandum, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah kaya serat.

"Sayuran mengandung nutrisi pencegah kanker yang disebut karotenoid dan flavonoid," kata Amy Rosenfeld, koordinator program kesehatan masyarakat, pendidikan dan penjangkauan serta ahli diet terdaftar di Rumah Sakit Northern Westchester, Mount Kisco, New York.

"Sayuran mengandung serat yang tinggi, membuat kotoran Anda menjadi besar dan membatasi jumlah waktu yang dihabiskan makanan di usus besar Anda, mengurangi risiko Anda terkena kanker kolorektal," tambahnya. Rosenfeld menyarankan untuk konsumsi sayuran beragam.

Sementara makanan dari biji-bijian utuh memiliki kadar serat yang tinggi. Saat berbelanja roti dan produk sereal, pilih yang mencantumkan bahan gandum terlebih dahulu.

"Coba ganti biji-bijian putih seperti nasi putih dengan biji-bijian atau campur keduanya. Makan tiga porsi atau sekitar tiga ons biji-bijian sehari tidak hanya akan meningkatkan serat, tetapi juga vitamin B dan mineral penting, seperti zat besi, zinc, tembaga, dan magnesium," kata Rosenfeld.

Contoh produk biji-bijian utuh termasuk roti gandum, barley, oat, quinoa, soba, jagung, beras merah, dan nasi liar.

Kacang polong juga memiliki banyak serat dan membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan. "Dengan makan kacang dan lentil secara teratur, Anda menurunkan risiko terkena kanker polip usus besar (pertumbuhan kecil)," kata Rosenfeld.

Kanker usus besar (kolorektal). (Shutterstock)
Kanker usus besar (kolorektal). (Shutterstock)

Rosenfeld menyarankan untuk konsumsi kacang navy, buncis, kacang fava, kacang merah, lentil, kacang lima, kacang hitam dan kacang cannellini di daftar belanjaan Anda.

"Serat, lemak sehat, fitokimia, dan antioksidannya semuanya memiliki sifat melawan kanker. Cobalah mengemil kacang-kacangan atau biji-bijian alih-alih keripik," ujar

"Cobalah makan satu hingga dua cangkir buah setiap hari dan campur warnanya. Setiap warna buah memiliki kombinasi unik nutrisi dengan sifat melawan kanker. Buah juga memiliki serat, vitamin dan mineral, dan rasa manis alami membantu Anda melawan suguhan pemanis buatan yang tak memiliki manfaat gizi," imbuhnya.

Berita Terkait

Berita Terkini