Info

Waspada, 6 Masalah di Kuku Berikut Bisa Jadi Tanda Penyakit

Ada beberapa masalah kesehatan yang memunculkan tanda di kuku.

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Kuku cepat rapuh. (boldsky)
Kuku cepat rapuh. (boldsky)

Himedik.com - Kondisi rambut, kulit, dan kuku Anda adalah indikator jelas dari apa yang terjadi di dalam tubuh Anda. Dalam hal ini, penampilan fisik Anda dapat menunjukkan banyak hal tentang kesehatan internal tubuh.

Melansir dari Healthshots, tanda-tanda tertentu seperti pecah, bintik-bintik, retakan, pengelupasan, hingga perubahan warna pada kuku bisa menjadi masalah kesehatan. Berikut ringkasan kelainan kuku paling umum di mana menunjukkan kesehatan Anda secara keseluruhan, antara lain:

1. Kuku pucat

Kuku pucat dapat mengindikasikan malnutrisi, penyakit hati, dan anemia. Terkadang, warna pucat juga disebabkan oleh kekurangan darah.

2. Kuku kuning

Jika kuku Anda terlihat lebih kuning dari biasanya, tebal, dan melengkung, itu pertanda infeksi jamur. Terkadang, kuku kuning juga menunjukkan penyakit seperti penyakit paru-paru, tiroid, dan diabetes.

3. Tidak adanya half-moon (lengkungan putih di kuku bagian ujung)

Kuku yang sehat umumnya berwarna merah muda dan biasanya memiliki lekukan bulat berwarna putih seperti bulan separuh di pangkal setiap kuku. Tidak adanya lengkungan putih bisa menunjukkan tanda-tanda depresi, anemia, malnutrisi, cemas, pusing, serta penurunan berat badan dan penambahan berat badan.

4. Bintik putih

Bintik putih acak pada kuku sering terjadi dan biasanya tidak berbahaya. Bahkan, dalam kasus yang jarang terjadi, seluruh kuku Anda bisa menjadi putih.

Kondisi ini dikenal sebagai leukonychia total yang juga menunjukkan kekurangan zinc beberapa penyebab lainnya termasuk reaksi alergi dan infeksi jamur.

Ilustrasi kuku. (Shutterstock)
Ilustrasi kuku. (Shutterstock)

5. Kuku kebiruan

Kuku biru menunjukkan bahwa tubuh Anda tidak mendapatkan cukup oksigen. Ini bisa jadi karena penyakit paru-paru dan jantung.

6. Garis-garis gelap atau pertumbuhan yang menyakitkan

Garis hitam, coklat tua, dan kemerahan pada kuku Anda bisa menjadi pertanda sesuatu yang serius. Kondisi ini bisa disebabkan oleh melanoma, jenis kanker kulit yang serius.

Berita Terkait

Berita Terkini