Info

Waspadai Tandanya, Berikut 6 Gejala Stroke sebelum Menyerang

Berbagai gejala stroke perlu diwaspadai, apa saja?

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana

Ilustrasi stroke. (thinkstock)
Ilustrasi stroke. (thinkstock)

Himedik.com - Stroke pada umumnya berisiko pada orang dengan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, hingga merokok. Stroke memang menyeramkan, namun mengetahui tanda-tanda peringatan dapat membuat perbedaan besar.

Melansir dari Eat This, berikut beberapa tanda stroke, antara lain:

1. Mati rasa atau lemah tiba-tiba

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), Anda mungkin mengalami mati rasa atau kelemahan mendadak pada wajah, lengan, atau kaki, terutama di satu sisi tubuh.

"Stroke terjadi ketika aliran darah di otak terhambat. Ketika sel-sel otak kekurangan darah yang kaya oksigen, mereka mulai mati dan kehilangan fungsinya," menurut Flint Rehab.

"Area otak yang terkena stroke menentukan efek sekunder yang terjadi. Misalnya, jika area otak yang mengatur sensasi terpengaruh, hal itu dapat mengakibatkan gangguan sensasi seperti mati rasa," imbuh mereka.

Ilustrasi stroke. (shutterstock)

2. Bingung dan kesulitan bicara

Menurut CDC, tanda stroke lain adalah kesulitan memahami dan melakukan pembicaraan. Gejala kehilangan ingatan akibat serangan iskemik transien seringkali bersifat sementara dan bervariasi tergantung pada area otak yang terkena.

3. Mendadak kesulitan melihat di satu atau kedua mata

Setelah stroke, Anda mungkin mengalami kesulitan dengan pemrosesan visual atau kemampuan untuk memahami apa yang Anda lihat.

Masalah pemrosesan visual yang paling umum setelah stroke adalah pengabaian visual, juga dikenal sebagai kurangnya perhatian spasial yang dapat memengaruhi persepsi Anda tentang hal-hal di sekitar. 

4. Mendadak mengalami masalah berikut

Menurut CDC, gejala lain dari stroke adalah kesulitan berjalan, pusing, kehilangan keseimbangan atau kurang koordinasi.

"Jika stroke terjadi di otak kecil atau batang otak Anda, area yang mengontrol keseimbangan di otak mungkin menderita vertigo. Ini berarti memiliki perasaan bahwa Anda atau dunia di sekitar Anda bergerak atau berputar. Anda bisa merasa pusing atau kehilangan arah dan keseimbangan Anda, "kata Asosiasi Stroke.

5. Sakit kepala parah tanpa sebab

Melansir dari WebMD, selama stroke, aliran darah ke bagian otak Anda terputus. Sel-sel di sana tidak mendapatkan cukup oksigen dan mulai mati.

Ada dua penyebab dari kondisi ini, yakni pembuluh darah tersumbat atau pembuluh darah robek maupun pecah dan menyebabkan perdarahan di dalam atau di sekitar otak. Kondisi tersebut bisa mengakibatkan sakit kepala mendadak.

Berita Terkait

Berita Terkini